Harga Minyak Tinggi, Presiden Brasil Ingin Privatisasi BUMN Petrobras

Happy Fajrian
15 Oktober 2021, 14:41
harga minyak, bbm, brasil, petrobras, jair bolsonaro
ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado/wsj/cf
Presiden Brasil Jair Bolsonaro berniat memprivatisasi perusahaan migas milik negara, Petroleo Brasileiro atau Petrobras untuk menurunkan harga BBM yang tinggi.

Terus naiknya harga minyak mentah dunia membuat harga bahan bakar minyak (BBM) di Brasil semakin mahal. Ini membuat Presiden Jair Bolsonaro frustasi lantaran disalahkan atas kenaikan harga tersebut. Ia kini mempertimbangkan untuk memprivatisasi perusahaan migas milik negara, Petroleo Brasileiro SA (Petrobras).

“Sekarang saya ingin memprivatisasi Petrobras. Saya akan mendiskusikannya dengan tim ekonomi apa yang bisa kami lakukan. Karena saya tidak bisa mengendalikan perusahaan, saya tidak bisa mengarahkan harga bensin, tapi kalau harganya naik itu salah saya,” kata ujarnya dikutip Reuters, Jumat (15/10).

Pada Rabu (13/10), Menteri Ekonomi Brasil Paulo Guedes menyarankan pemerintah menjual sebagian sahamnya di Petrobras untuk mendanai program kesejahteraan warga. Privatisasi Petrobras telah menjadi isu politik panas karena kenaikan harga BBM memicu inflasi hingga dua digit.

Ini merusak popularitas Bolsonaro yang akan mencalonkan diri kembali pada pemilihan umum presiden tahun depan. Populis sayap kanan menentang privatisasi Petrobras, dan menyebutnya sebagai langkah strategis untuk kepentingan nasional Brasil.

Meskipun mendapat dukungan yang besar, sejumlah pelaku pasar meyakini privatisasi akan sulit karena akan melibatkan banyak pemangku kepentingan.

Sebenarnya ketika terpilih sebagai Presiden Brasil pada 2018, Bolsonaro telah mendukung agenda privatisasi yang dicetuskan Guedes. Sejauh ini ia juga telah menjual sejumlah perusahaan pelat merah, seperti BR Distribuidora, yang diprivatisasi pada 2019.

Sebelum diprivatisasi perusahaan ini merupakan entitas anak Petrobras yang bergerak pada bidang distribusi bahan bakar. Kemudian Eletrobras rampung diprivatisasi pada awal tahun ini dan akan memasuki putaran pendanaan atau modal pada awal 2022.

Dalam beberapa tahun terakhir Bolsonaro telah mendesak para eksekutif Petrobras untuk menurunkan harga. Namun ia berubah sikap dan menyatakan bahwa ia menghormati kebijakan penetapan harga independen perusahaan, dan mendesak reformasi pajak negara bagian untuk menurunkan harga BBM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...