Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji Lancar Pasca-Erupsi Semeru

Image title
Oleh Antara
5 Desember 2021, 13:47
Pertamina, Gunung Semeru, erupsi, bbm, elpiji
Antara
Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Sabtu (4/12).

PT Pertamina Parta Niaga menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji tetap lancar pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Terdapat 17 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan 12 agen elpiji bersubsidi tetap beroperasi di daerah itu. 

Manajer Komunikasi Pertamina Patra Niaga wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Deden Mochamad Idhani menyebut, lembaga penyalur terdekat yang berada di wilayah terdampak adalah SPBU 54.673.10 di Kecamatan Pronojiwo. Lokasinya sekitar 14 kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Akibat Jembatan Gladak Perak terputus, Pertamina telah melakukan skenario pengalihan pasokan. Dari mulanya melalui Terminal Bahan Bakar Malang menjadi Terminal Terintegrasi Surabaya.

Untuk lokasi Pertashop terdekat berada di desa Sumberurip, Sumberwuluh, Penanggal, dan Kloposawit. Semuanya tetap beroperasi meski dengan skenario pengalihan pasokan.

Untuk penyaluran elpiji di Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari terpantau aman. “Namun, akan ada pengalihan suplai dari stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) di Lumajang ke Malang dengan penyaluran 40 ribu tabung per bulan,” ujar Deden dalam keterangannya, Minggu (5/12). 

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...