Daftar Negara Dengan Produksi Smelter Tembaga Terbesar, Ada Indonesia?

Happy Fajrian
28 April 2023, 17:20
tembaga, larangan ekspor tembaga, smelter tembaga, hilirisasi tembaga
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Suasana pabrik pemurni tembaga PT Smelting, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019).

Pemerintah berencana menerapkan kebijakan larangan ekspor tembaga dan mineral lainnya secara serempak pada Juni 2023. Hal ini untuk meningkatkan nilai tambah ekspor mineral untuk mendorong perekonomian nasional.

Namun pemerintah memutuskan untuk menunda larangan ekspor tembaga tahun ini lantaran belum rampungnya dua proyek smelter tembaga yang tengah digarap oleh dua perusahaan produsen tembaga terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan bahwa progres smelter PTFI dan Amman Mineral terkendala kondisi pandemi Covid-19. Dengan smelter yang belum siap, larangan ekspor akan membuat ribuan ton bijih dan konsentrat tembaga tak terserap.

"Kita tahu bahwa dalam pembangunan smelter itu terkendala, ada pandemi yang menjadi bahan konsiderasi kami," kata Arifin di Istana Kepresidenan, Jumat (28/4).

Oleh karena itu pemerintah memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga dua perusahaan itu hingga Mei 2024. Termin waktu tersebut juga menjadi deadline bagi PTFI dan Amman Mineral untuk menyelesaikan proyek smelternya.

Menurut data Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS), total produksi smelter tembaga di seluruh dunia mencapai 25,3 juta ton pada 2021, dan diestimasikan naik menjadi 26 juta ton pada 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...