Honeywell Incar Pasar Teknologi CCUS di Indonesia

Rezza Aji Pratama
26 Juli 2023, 07:54
CCUS
Honeywell

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Honeywell, mengincar potensi pasar teknologi penangkapan karbon alias CCUS di Indonesia.

Simon Reitmaier, Director Sustainable Technology Solution, mengatakan carbon capture, utilization, and storage (CCUS) terutama diperlukan oleh industri padat emisi seperti semen, baja, dan hulu migas. Penangkapan karbon akan memungkinkan industri-industri tersebut memangkas emisi mereka.

Simon menjelaskan CCUS sebenarnya bukan teknologi baru. Instalasinya sudah dimulai sejak beberapa dekade lalu, dengan Amerika Serikat saat ini sebagai pengguna terbesar. Namun, beberapa tahun terakhir efisiensi penangkapan karbon dan nilai investasinya semakin menurun.

“Saya tidak bisa bilang berapa pasti investasinya, tetapi tren di global CCUS ini kian diminati,” katanya kepada Katadata.

Simon menuturkan Honeywell memiliki beberapa portofolio penangkapan karbon di beberapa negara di Amerika Serikat dan Australia. Ia mengklaim secara keseluruhan penangkapan karbon milik Honeywell bisa mengurung 40 juta ton CO2 per tahun atau setara dengan emisi 8,6 juta mobil.

Menurut Simon, implementasi CCUS memerlukan dukungan pemerintah melalui serangkaian kebijakan dan insentif. Ia mencontohkan di Amerika Serikat, perusahaan yang menangkap dan menyimpan karbonnya memperoleh US$ 85 per ton CO2 dalam bentuk pengurangan pajak. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...