Siasat OPEC Perketat Pasar Sukses, Harga Minyak Naik 20% dalam 6 Pekan

Happy Fajrian
4 Agustus 2023, 11:00
harga minyak, opec
Katadata / Trion Julianto
Kunjungan SKK Migas ke Tempat Pemisahan Minyak CGS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau (31/12/2022).

Harga minyak tengah berada dalam jalur kenaikan hingga lebih dari 20% dalam enam pekan atau 1,5 bulan terakhir seiring suksesnya siasat Arab Saudi dan negara-negara OPEC beserta sekutunya Rusia, atau OPEC+, memperketat pasar dengan pemangkasan produksi dan ekspor. Ini menjadi reli kenaikan harga terpanjang tahun ini.

Adapun minyak Brent pagi ini, Jumat (4/8), terpantau naik US$ 0,30 atau 0,4% menjadi US$ 85,44 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate Amerika Serikat (AS) naik US$ 0,36 atau 0,4% menjadi US$ 81,90 per barel.

Brent sempat terkoreksi hingga 2% pada perdagangan Rabu (2/8) namun berhasil mengembalikan penurunannya pada Kamis (3/8). Brent berada pada jalur kenaikan 17,52% selama lebih kurang satu setengah bulan terakhir, dari level US$ 72,51. Sedangkan WTI naik 20,68% dari US$ 67,70 pada periode yang sama.

Arab Saudi menyatakan akan memperpanjang pemotongan produksi minyak secara sukarela sebesar 1 juta barel per hari (bph) untuk satu bulan lagi termasuk September. Keputusan tersebut diumumkan hanya sehari menjelang pertemuan rutin para menteri OPEC dan sekutunya, hari ini.

“Komite Pemantau Bersama Menteri OPEC+ tidak mungkin mengubah kebijakan produksi minyak secara keseluruhan pada pertemuan hari Jumat,” kata seorang sumber seperti dikutip Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...