ESDM Anggarankan Rp 6,8 Triliun pada 2024, Sasar Enam Proyek Prioritas

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Agustus 2023, 14:36
ESDM
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.
Petugas berjalan di areal stasiun gas R/S sektor 01 (Balkondes) saat perawatan rutin di Desa Wisata Berkelanjutan Karangrejo, Borobudur, Magelang , Jawa Tengah, Rabu (2/11/2022).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 6,77 triliun pada 2024. Sebagian besar dana akan digunakan untuk melanjutkan sejumlah proyek infrastruktur energi, salah satunya ialah pembangunan Pipa Gas Bumi Cirebon Semarang Tahap II ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur Timur.

Berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2024, Kementerian ESDM mengalokasikan pendanaan sekira Rp 923,7 miliar pada 2024 untuk proyek pembangunan jaringan Pipa Gas Cisem Tahap II.

Selain itu, anggaran Kementerian ESDM juga akan digunakan untuk proyek stategis lain, yakni pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpadu sebanyak 11 unit, pembangunan lima unit pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan pengadaan satu unit pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM).

Pendanaan tersebut juga akan digunakan untuk pengadaan dan pembagian konverter kit BBM ke LPG untuk nelayan dan petani sebanyak 34.000 paket, serta bantuan pasang baru listrik untuk 80.000 rumah tangga.

Dari alokasi pagu tersebut, dana untuk pembangunan lingkungan hidup, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim sejumlah Rp 175,3 miliar.

Proyek Pipa Gas Cisem Tahap II

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...