Menteri ESDM: MIND ID dan Vale Diskusi Alot Soal Porsi Saham Divestasi

Mela Syaharani
6 November 2023, 15:28
vale, divestasi, kementerian esdm, pertambangan, mind id
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo PT Vale Indonesia.

Negosiasi divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk kepada pemerintah Indonesia masih terus berjalan. Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan diskusi masih berlangsung antara Vale dan PT Mining Industry Indonesia (MIND ID), sedangkan diskusi antara Kementerian ESDM dengan Vale sudah menemui kesepakatan.

“Dari sektor Minerba sendiri sudah tidak ada masalah. Harga investasinya Vale sudah bilang tidak akan kasih harga yang mahal. Ini kami pegang janjinya. Tapi memang terkait B2B (antara Vale dan MIND ID) masih berjalan, sudah tinggal sedikit lagi,“ kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, dikutip Senin (6/11).

Mengenai peluang jumlah divestasi saham Vale bertambah menjadi lebih dari 14%, Arifin menyebut hal tersebut tergantung pada kesepakatan Vale dan MIND ID. “Tergantung mereka berdua makanya proses B2Bnya,”

Sedangkan Terkait saham pengendali Vale, Arifin mengatakan hal tersebut sudah diatur dan mengacu pada aturan yang berlaku. “Sudah ada kesepakatan, itu mayoritasnya ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya saat ini masih menjalankan diskusi perihal divestasi saham Vale. “Ini lagi diskusi terus. Diskusinya alot,” kata Erick saat ditemui di Kementerian ESDM pada Senin (30/10).

Seperti diketahui divestasi ini menjadi syarat bagi Vale untuk bisa memperpanjang kontrak karya (KK) yang akan berakhir pada Desember 2025 menjadi izin usaha pertambangan (IUP).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...