Menteri ESDM Ungkap 5 Proyek Smelter Rampung 100%, Termasuk Milik Vale

Mela Syaharani
31 Oktober 2023, 12:39
smelter, nikel, vale
Katadata/ Wahyu DJ
Plant Site atau pabrik pengolahan Nikel PT Vale Indonesia di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kementerian ESDM menyampaikan perkembangan positif dari proyek pabrik pemurnian dan pengolahan mineral atau smelter. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan terdapat progress lima pabrik pemurnian atau smelter yang sudah mencapai 100%.

"Hingga triwulan ke III, untuk progres smelter saat ini yang sudah mencapai 100% ada 5 smelter, yaitu PT Weda Bay Nikel, PT Aneka Tambang Kolaka, PT Wanatiara Persada, PT Fajar Bhakti Lintas Nusantara dan PT Vale Indonesia,” kata Arifin dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM pada Selasa (31/10).

Perkembangan positif ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Progres dan Capaian serta Kendala dalam pelaksanaan 6 Kelompok Pembangunan Triwulan III Tahun 2023.

Tidak hanya soal smelter yang sudah mencapai 100%, dalam rapat koordinasi tersebut juga dia turut melaporkan progress pembangunan dari sembilan smelter yang mencapai 50-99%. Sementara dua smelter lainnya memiliki progress di bawah 50%. Proyek smelter masuk dalam Proyek Strategis Nasional di lingkup Kementerian ESDM.

Tak hanya smelter, dalam rapat tersebut Arifin juga menyampaikan perkembangan hal lain. Mulai dari pembangunan sistem ketenagalistrikan di wilayah Sumatera, Jawa-Madura-Bali, Kalimantan dan Sulawesi, capaian program konversi motor BBM ke listrik, hingga progres proyek pipa gas Cirebon Semarang (Cisem) dan Dumai-Sei Mangkei.

Terkait pipa gas Cisem, proyek ini akan memasuki pembangunan tahap II pada 2024. “Saat ini (ruas) Semarang-Batang telah selesai, dan sedang disiapkan proyek pipa gas Batang-Cirebon-Kandanghaur sepanjang 240 kilometer (km),” kata Arifin.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...