Bertemu Bos ExxonMobil di AS, Jokowi Bahas Investasi Senilai US$ 15 M

Image title
Oleh Antara
16 November 2023, 08:00
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Chairman ExxonMobil Corporation Darren Woods di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11/2023). \
ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Chairman ExxonMobil Corporation Darren Woods di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11/2023). \

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Chairman ExxonMobil Corporation Darren Woods di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11). Keduanya membahas rencana investasi minyak dan gas bumi alias migas senilai US$ 15 miliar.

"Saya mengapresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan carbon capture storage (CSS) tersebut,” kata Jokowi, dikutip dari Antara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan fasilitas penyimpanan dan penangkapan karbon (CSS) ExxonMobil akan menjadi terbesar di Asia Tenggara. Lalu, untuk kompleks petrokimianya menjadi salah satu yang tercanggih di dunia.

Setelah pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Jokowi terus mendorong realisasi investasi ExxonMobil tersebut. Presiden juga mengundang perusahaan untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan serta infrastruktur hijau, termasuk di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...