Resmikan Tangguh LNG, Jokowi: Kejar Target Produksi Gas 12.000 MMSCFD

Mela Syaharani
24 November 2023, 10:16
tangguh lng, tangguh train iii, jokowi,
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Suasana kilang gas Tangguh Train 3 di Lapangan Gas Tangguh, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Jumat (24/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Tangguh LNG yang berlokasi di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat pada Jumat (24/11). Dia berharap proyek ini dapat berkontribusi signifikan dalam mengejar target produksi gas 12.ooo standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada 2030.

"Puji dan syukur alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan Proyek Tangguh Train III, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia. Berkontribusi signifikan mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada 2030,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya pada Jumat (24/11).

Jokowi menyampaikan, proyek Tangguh Train III dibangun dengan investasi US$ 4,83 miliar atau setara Rp 72,45 triliun rupiah. Proyek ini akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahun.

Jokowi mengaku senang dengan adanya proyek ini sebab dapat menyerap banyak tenaga kerja. Diketahui saat ini 70% tenaga operasional Tangguh adalah pekerja dari Provinsi Papua Barat dan Papua. Jokowi menyebut jumlah persentase tenaga kerja setempat akan ditingkatkan menjadi 85% pada 2029.

“Ini sangat bagus dan 105 teknisi operasi dan pemeliharaan kilang LNG adalah Putra Putri Papua Barat dan Indonesia yang telah direkrut sejak SMA yang menjalani program pendidikan dari BP di Berau," lanjut Jokowi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...