Harga Minyak Naik hingga 2,7% Dipicu Ketegangan di Laut Merah

Happy Fajrian
27 Desember 2023, 08:40
harga minyak
Pertamina
Blok migas Menzel Ledjmet Nord (MLN) di Aljazair yang dikelola oleh Pertamina.

Harga minyak naik lebih dari 2% pada Selasa (26/12) ke level tertingginya bulan ini dipicu oleh serangan lebih lanjut terhadap kapal-kapal tanker di Laut Merah oleh kelompok milisi Houthi. Serangan ini menyebabkan gangguan logistik dan energi.

Di sisi lain harapan pemangkasan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve atau The Fed, terus menguat. Pemangkasan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan permintaan energi dan bahan bakar.

Harga Brent ditutup naik US$ 2 atau 2,5% menjadi US$ 81,07 per barel setelah sempat naik hingga 3,4%. Sedangkan minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 2,01 atau 2,7% menjadi US$ 75,57 per barel.

“Ada banyak ketegangan geopolitik saat ini di Timur Tengah, dan hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap keamanan transit minyak dan barang lainnya,” kata analis pasar Again Capital LLC, John Kilduff, seperti dikutip Reuters, Rabu (27/12).

Milisi Houthi Yaman yang didukung Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal pada hari Selasa (26/12) terhadap sebuah kapal kontainer di Laut Merah, dan atas upaya menyerang Israel dengan drone.

Seorang menteri Israel mengisyaratkan bahwa negaranya telah melakukan pembalasan di Irak, Yaman dan Iran atas serangan yang dilakukan terhadap mereka ketika perang dengan militan pimpinan Hamas di Jalur Gaza meluas ke wilayah lain di wilayah tersebut dan jumlah korban jiwa warga Palestina terus meningkat.

Meskipun ada kekhawatiran mengenai Timur Tengah dan perubahan rute kapal, pasokan sebenarnya belum terpengaruh.

Maersk pada hari Minggu mengumumkan dimulainya kembali rute pelayaran melalui Laut Merah, sementara CMA CGM Perancis meningkatkan jumlah kapal yang melakukan perjalanan melalui Terusan Suez, sehingga mengurangi kekhawatiran sampai batas tertentu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...