Serangan Terhadap Kapal Tanker Meningkat, Harga Minyak Naik 1,4%

Happy Fajrian
11 Januari 2024, 18:23
harga minyak,
Pertamina International Shipping
Ilustrasi kapal tanker migas.
Button AI Summarize

Harga minyak naik setelah serangan terhadap kapal-kapal tanker di jalur logistik di Timur Tengah, meningkatkan kekhawatiran eskalasi konflik di kawasan ini yang akan mengganggu pasokan energi.

Minyak mentah Brent naik US$ 1,03 atau 1,3% menjadi US$ 77,83 per barel. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 98 sen atau 1,4% menjadi US$ 72,35 per barel. Meski begitu kenaikan harga dibatasi oleh peningkatan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Otoritas Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menerima laporan bahwa sebuah kapal sekitar 50 mil laut sebelah timur pantai Oman ditumpangi oleh empat hingga lima orang bersenjata.

Sehari sebelumnya Houthi yang berbasis di Yaman melancarkan serangan terbesar mereka terhadap jalur pelayaran komersial di Laut Merah dan serangan Israel di Gaza selatan dan tengah juga meningkat.

Amerika dan Inggris mengisyaratkan mereka akan mengambil tindakan lebih lanjut jika serangan terus berlanjut. Sementara itu, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut diakhirinya segera serangan Houthi

Harga acuan minyak telah ditutup lebih rendah pada Rabu (10/1) setelah lonjakan stok minyak mentah AS yang mengejutkan meningkatkan kekhawatiran atas permintaan di pasar minyak terbesar di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...