Timur Tengah Memanas, Harga Minyak Naik Lebih 1% Sentuh US$ 88/Barel

Happy Fajrian
2 April 2024, 15:43
harga minyak
Pertamina
Pertamina mengelola Menzel Ledjmet Nord (MLN) Oil Field di Aljazair sejak 2014 dengan penguasaan hak partisipasi sebesar 65%. Lapangan migas ini memproduksi minyak 14.875 bopd pada Januari-Mei 2023.
Button AI Summarize

Harga minyak naik pada Selasa (2/4) didukung oleh meningkatnya kekhawatiran akan meluasnya konflik di tumur tengah yang dapat mempengaruhi pasokan dari wilayah tersebut, serta adanya sinyal bahwa permintaan akan membaik di Cina dan Amerika Serikat (AS).

Harga Brent berada di level US$ 88,37 per barel, naik 1,09% dibandingkan sesi sebelumnya, sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) Amerika Serikat (AS) naik 1,21% ke US$ 84,72 per barel.

“Katalis bullish untuk harga minyak terus meningkat, dengan kondisi ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di Cina dan AS menawarkan prospek permintaan yang lebih optimis, sementara ketegangan geopolitik di Timur Tengah terus memanas dengan keterlibatan Iran,” kata ahli strategi pasar IG Yeap Jun Rong seperti dikutip Reuters.

Aktivitas manufaktur di Cina pada Maret meningkat untuk pertama kalinya dalam enam bulan dan di AS untuk pertama kalinya dalam satu tahun, yang berarti peningkatan permintaan minyak tahun ini.

Cina adalah importir minyak mentah terbesar di dunia dan konsumen terbesar kedua, sedangkan AS adalah konsumen terbesar.

Di Timur Tengah, serangan Israel terhadap kedutaan Iran di Suriah menewaskan tujuh penasihat militer, di antaranya tiga komandan senior, menandai peningkatan perang di Gaza antara Israel dan Hamas, yang didukung oleh Iran.

Meluasnya konflik yang telah berlangsung selama hampir setengah tahun hingga melibatkan Israel yang secara langsung melawan Iran telah memicu kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap pasokan minyak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...