Konflik Timur Tengah Kian Panas, Harga Minyak Melonjak hingga 4%

Happy Fajrian
13 Agustus 2024, 07:55
harga minyak, konflik timur tengah
Katadata
Button AI Summarize

Harga minyak melonjak lebih dari 3% pada Senin (12/8), naik lima hari berturut-turut. Kenaikan didorong prospek permintaan yang melemah dan kekhawatiran meluasnya konflik di Timur Tengah yang akan mengganggu pasokan.

Minyak mentah Brent naik ke level US$ 82,30 per barel, naik US$ 2,64 atau 3,3%. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 3,22 atau 4,2% menjadi US$ 80,06.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada akhir pekan bahwa mereka akan mengirim kapal selam berpeluru kendali ke Timur Tengah saat kawasan itu bersiap menghadapi kemungkinan serangan terhadap Israel oleh Iran dan sekutunya.

"Kami menumpuk aset satu di atas yang lain dan memberi kesan bahwa, jika ini memanas, ini juga bisa menjadi buruk," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York, dikutip dari Reuters, Selasa (13/8).

Iran dan Hizbullah telah berjanji untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan komandan militer Hizbullah Fuad Shukr. Serangan dapat memperluas konflik Timur Tengah, sekaligus memperketat akses ke pasokan minyak mentah global dan meningkatkan harga.

Serangan semacam itu dapat menyebabkan Amerika Serikat memberlakukan embargo pada ekspor minyak mentah Iran, yang berpotensi memengaruhi pasokan 1,5 juta barel per hari, kata Yawger.

Sementara itu, pasukan Israel melanjutkan operasi di dekat kota Khan Younis di Gaza selatan pada hari Senin setelah serangan udara selama akhir pekan di kompleks sekolah yang menewaskan sedikitnya 90 orang, menurut Layanan Darurat Sipil Gaza.

Israel mengatakan jumlah korban tewas dibesar-besarkan. Hamas meragukan partisipasinya dalam perundingan gencatan senjata baru pada hari Minggu. "Pasar semakin khawatir tentang konflik di seluruh kawasan di sana," kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York.

"Perang yang meluas dapat menyebabkan Israel menargetkan minyak Iran dan menghambat produksi minyak mentah dari produsen penting lainnya di kawasan itu, termasuk Irak," kata Kilduff menambahkan.

Brent naik 3,7% minggu lalu sementara WTI naik 4,5%, didorong oleh data pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan yang memicu harapan untuk penurunan suku bunga di konsumen minyak mentah terbesar di dunia.

"Dukungan datang dari data AS yang lebih baik dari perkiraan minggu lalu, yang meredakan kekhawatiran akan resesi AS," kata analis pasar IG Tony Sycamore.

Tiga bankir sentral AS mengatakan minggu lalu bahwa inflasi tampaknya cukup mendingin bagi Federal Reserve untuk memangkas suku bunga secepatnya bulan depan. Pemangkasan suku bunga cenderung meningkatkan aktivitas ekonomi, yang meningkatkan penggunaan sumber energi seperti minyak.

Investor menantikan data indeks harga konsumen AS untuk bulan Juli pada hari Rabu, yang diperkirakan akan menunjukkan inflasi bulan ke bulan naik hingga 0,2% setelah pembacaan minus-0,1% pada bulan Juni.

Harga minyak mendapat dukungan ketika harga konsumen di Cina, importir minyak global terbesar, naik lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Juli.

Pada Senin, Rusia mengevakuasi warga sipil dari beberapa bagian wilayah kedua di sebelah Ukraina setelah Kyiv meningkatkan aktivitas militer di dekat perbatasan hanya beberapa hari setelah serangan terbesarnya ke wilayah kedaulatan Rusia sejak dimulainya perang pada 2022.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...