Kunjungi Cina, Luhut Bahas Kereta Cepat dan Undang Investasi IKN

Tia Dwitiani Komalasari
5 April 2023, 10:02
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bertemu Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) H.E. Zheng Shanjie di Beijing Cina, Selasa (4/4).
Instagram @luhut.pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bertemu Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) H.E. Zheng Shanjie di Beijing Cina, Selasa (4/4).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan ke Cina dan bertemu Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) H.E. Zheng Shanjie. Dalam kesempatan itu, Luhut membahas mengenai kereta cepat hingga investasi Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut membahas banyak hal mulai dari progress pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kawasan Industri Hijau Kaltara, Proyek GMF-BRI, Herbal Center, South-South Cooperation, Vocational Training.  Luhut juga menyampaikan pesan khusus dari Presiden Joko Widodo yang megundang investor Cina untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

"Ibu Kota Nusantara yang mendapat pesan khusus dari Presiden Jokowi bahwa progressnya berjalan dengan begitu baik dan berharap pula akan mendapat dukungan dari Tiongkok," tulis Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (4/4),

Dia menyampaikan bahwa hingga saat ini, akumulasi Investasi Tiongkok di Indonesia telah mencapai US$ 30,8 Milliar sejak 2014 hingga 2022. Investasi ini berhasil melahirkan 15.906 proyek dan mencatatkan Tiongkok sebagai investor ke-3 terbesar di Indonesia.

"Oleh karena itu, saya menyampaikan rasa terimakasih yang begitu besar dan memastikan Indonesia akan terus melakukan berbagai perbaikan dan efisiensi, sehingga bersama-sama dengan Tiongkok kita berjuang menjadi negara maju di tahun 2045 nanti," ujarnya.

Luhut juga menyampaikan undangan kepada H.E. Zheng untuk datang ke Indonesia agar kami bisa meninjau progres proyek-proyek kerjasama antara Indonesia dan Tiongkok secara langsung.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...