Proyeksi Penjualan Mobil Listrik Global Capai 14 Juta Unit di 2023

Rezza Aji Pratama
27 April 2023, 11:03
Mobil listrik baterai Toyota bZ4X yang disiapkan Toyota Astra Motor untuk mengawal para pemimpin negara di KTT G20 Bali, 15-16 November 2022.
Katadata
Mobil listrik baterai Toyota bZ4X yang disiapkan Toyota Astra Motor untuk mengawal para pemimpin negara di KTT G20 Bali, 15-16 November 2022.

Penjualan mobil listrik global diproyeksikan bakal mencapai 14 juta unit di 2023 atau melonjak 35% dibandingkan tahun sebelumnya di kisaran 10 juta unit. Penjualan memang masih terkonsentrasi di Cina, Eropa, dan Eropa tetapi wilayah lain seperti Indonesia juga dianggap sangat potensial. 

Laporan terbaru bertajuk ‘Global Electric Vehicle Outlook’ yang diluncurkan International Energy Agency menunjukkan pangsa pasar mobil listrik global akan mencapai 18% di tahun ini. Hal tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dari hanya 4% di 2020 dan 14% di 2022. 

Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol mengatakan kendaraan listrik menjadi kekuatan baru ekonomi energi global. Sektor ini membawa transformasi bersejarah industri manufaktur mobil di seluruh dunia. Ia menyebut kehadiran kendaraan listrik akan berdampak signifikan terhadap permintaan minyak dunia.

“Pada 2030, kendaraan listrik akan menghindari kebutuhan minyak hingga 5 juta barel per hari,” katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (27/4). 

Birol mengatakan saat ini mayoritas penjualan mobil listrik terkonsentrasi di Cina, Eropa, dan Amerika Serikat. Sebanyak 60% penjualan mobil listrik global terjadi di Cina pada tahun 2022. Bahkan lebih dari separuh mobil listrik yang beredar kini berada di China. Sementara di Eropa dan Amerika Serikat, pertumbuhan penjualan masing-masing meningkat 15% dan 55% pada 2022.

Meskipun penjualan dan manufaktur mobil listrik masih terkonsentrasi di ketiga wilayah tersebut, penjualan di beberapa negara seperti India, Thailand, dan Indonesia juga kian berkembang. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...