Diskon Tarif Tol Saat Lebaran Tak Pengaruhi Pendapatan Jasa Marga

Nadya Zahira
11 Mei 2023, 08:05
Jasa Marga: Diskon Tarif Tol Saat Lebaran Tak Pengaruh ke Pendapatan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nz
Sejumlah kendaraan menuju Jakarta antre untuk memasuki Gerbang Tol CIkampek Utama, Jawa Barat, Minggu (30/4/2023). Jasa Marga mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan atau 77,35 persen kendaraan sudah kembali ke Jakarta saat arus balik Lebaran.

Emiten pengelola jalan tol BUMN, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyampaikan pemberian diskon tarif tol selama musim arus mudik dan balik Lebaran 2023 tidak berdampak terhadap berkurangnya pendapatan perusahaan. 

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan, adanya diskon tarif tersebut dapat mendistribusikan lalu lintas sebesar 20% yang semula diprediksikan lebih rendah, ternyata realisasinya bisa lebih tinggi.

"Adanya diskon tarif tol ini secara total tidak berpengaruh kepada pendapatan yang  kami terima," ujar Atika, dalam acara Diskusi Evaluasi Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023, Jakarta, Rabu (10/5).

Atika mengatakan, tujuan dari pemberian diskon tarif tol itu dilakukan dalam rangka pendistribusian trafik yang mana tanggal-tanggal diskon tersebut dipilih sebelum dan sesudah puncak arus mudik. 

"Tujuan dari pemberian diskon tarif tol adalah untuk pendistribusian trafik supaya pemudik itu tidak mudik, atau balik di puncak arus mudik," ujarnya. 

Sebagai informasi, Jasa Marga memberlakukan diskon sebesar 20% untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Diskon diberikan dalam rangka memaksimalkan distribusi lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, Agus Setiawan mengatakan, diskon tarif ini tidak akan membuat perusahaan merugi, karena sudah dilakukan perhitungan matang. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...