Pembangunan Tol Trans Sumatera di Sumsel-Jambi Dimulai, Dana dari APBN

Tia Dwitiani Komalasari
19 Mei 2023, 11:06
Foto udara suasana pengerjaan tol Provinsi Bengkulu - Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan di pintu tol Betungan kota Bengkulu, Rabu (20/5/2020). PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) memastikan pengerjaan proyek jalan tol Bengkulu-Sumsel seksi satu yakni
ANTARA FOTO/ Doc-HKI Bengkulu/dvd/foc.
Foto udara suasana pengerjaan tol Provinsi Bengkulu - Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan di pintu tol Betungan kota Bengkulu, Rabu (20/5/2020). PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) memastikan pengerjaan proyek jalan tol Bengkulu-Sumsel seksi satu yakni Kota Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer tetap berlanjut meski di tengah pandemi COVID-19 dengan target penyelesaian 2021 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi sepanjang 169,9 km segera dimulai. Jalan Tol Trans Sumatera ini akan menghubungkan Sumatera Selatan dan Jambi. 

Pekerjaan konstruksi Tol Betung – Tempino – Jambi segera dimulai untuk ruas Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1 dan Seksi 3. Hal itu ditandai dengan penandatangan kontrak pembangunan antara Kementerian PUPR dengan penyedia jasa di Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (17/5/2023).

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis yang disampaikan, Jumat (19/5).

Dana dari APBN

Dana pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 bersumber dari APBN Tahun 2023-2024.

Untuk Seksi 1 sepanjang 7,62 km dikerjakan oleh penyedia jasa PT Adhi Karya - PT Waskita Karya - PT Jaya Konstruksi dengan nilai kontrak Rp1,61 triliun. Sedangkan untuk Seksi 3 sepanjang 15,47 km oleh kontraktor PT Hutama Karya - PT Wijaya Karya - PT Brantas Abipraya dengan nilai kontrak Rp2,75 triliun.

“Pesan Bapak Menteri PUPR dan Bapak Dirjen Bina Marga, pekerjaan bisa segera terlaksana, istilahnya tanpa groundbreaking bisa langsung bekerja dan mempercepat pekerjaan di lapangan," kata Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono.

Berdasarkan data Direktorat Jalan Bebas Hambatan, hingga saat ini pembebasan lahan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 mencapai 86%  untuk  wilayah Sumatera Selatan, sedangkan wilayah yang mencakup Jambi sudah 95%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...