Indonesia Gandeng Malaysia untuk Genjot Investasi EBT dan Hilirisasi

Nadya Zahira
9 Juni 2023, 11:42
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berjabat tangan saat melakukan pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/6).
Kementerian Investasi
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berjabat tangan saat melakukan pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/6).

Pemerintah Republik Indonesia menandatangani enam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding dengan Pemerintah Malaysia yang disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, pada Kamis (8/6). Nota kesepahaman tersebut terkait dengan investasi energi baru terbarukan atau EBT dan hilirisasi.

Bahlil menuturkan, kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Menteri Investasi Malaysia, Tengku Zahrul, di Jakarta.

"Sebelumnya saya sudah bertemu dengan Menteri Investasi Malaysia di Kantor Kementerian Investasi di Jakarta pada 8 Mei lalu. Kami sepakat untuk menyusun Nota Kesepahaman yang mendorong peningkatan promosi investasi antara Indonesia dan Malaysia," ujar Bahlil melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (9/6).

Menurut dia, MoU tersebut merupakan wujud komitmen agar Indonesia dan Malaysia selalu berbagi informasi terkait kebijakan investasi yang ada di kedua negara. Tujuan dari penandatanganan MoU ini untuk mendorong usaha promosi investasi bersama dan menciptakan iklim investasi yang lebih baik bagi kedua negara.

"Fokus sektor investasi ini didorong adalah sektor prioritas seperti hilirisasi industri, energi terbarukan, dan investasi berkelanjutan," kata Bahlil.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...