Saingi Gojek dan Grab, inDrive Patok Sewa Motor Listrik Rp 33 Ribu

Lenny Septiani
23 Juni 2023, 07:36
inDrive menyediakan layanan sewa motor listrik
inDrive
inDrive menyediakan layanan sewa motor listrik

Layanan transportasi online internasional inDrive meluncurkan program sewa motor listrik murah. Program sewa motor listrik ini dibuat dengan menggandeng IVITECH.Drive. 

Business Development Manager inDrive Indonesia Georgy Malkov mengatakan pada tahap awal program motor listrik digelar di Jakarta dengan menyediakan 50 armada. Menurut Malkov program ini diluncurkan setelah inDrive melihat potensi pasar motor listrik di Tanah Air besar. 

Pada tahap awal program sewa motor listrik akan menyasar komunitas ojek online atau ojol. Malkov menyebut ide untuk menyediakan motor listrik dimulai ketika perusahaan menemukan cukup banyak mitra pengemudi di Indonesia yang tidak memiliki sepeda motor.

“Mereka harus membayar biaya sewa harian yang mahal untuk bisa bekerja,” ujar Malkov dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (22/6). 

Lebih jauh ia menjelaskan program sewa motor listrik untuk ojol dirilis dengan keyakinan inDrive bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan dan kebebasan yang sama untuk bekerja. inDrive bermaksud membuat inisiatif untuk memberikan akses ke kendaraan listrik yang terjangkau dengan bantuan IVITECH.Drive. 

Sebelumnya layanan sewa motor listrik untuk ojol ini juga telah diluncurkan oleh dua perusahaan ojek online raksasa Tanah Air, Grab dan Gojek. Gojek mengenakan tarif Rp 30.000 untuk kendaraan listrik Gesits dan Rp 40.000 untuk kendaraan listrik Gogoro. Sedangkan Grab mematok harga Rp 50.000. 

Cara Ojol Memanfaatkan Sewa Motor Listrik Murah inDrive

Penyewaan motor listrik dikemas dalam program rent-to-own. Penawaran ini memungkinkan pengemudi memiliki sepeda motor listrik dengan biaya sewa yang diklaim terjangkau. Untuk bisa ikut dalam program pengemudi inDrive yang terdaftar dapat melakukan registrasi di halaman arahan khusus. Mereka akan melalui proses penilaian oleh tim IVITECH.Drive.

Setelah pengemudi berhasil melewati fase penilaian, mereka akan diberi kesempatan untuk berlangganan program Rent2Own. Pengemudi kemudian akan mendapatkan sepeda motor listrik co-branded dengan langganan harian sebesar Rp 33.300.

Setelah jangka waktu yang ditentukan, jika semua pembayaran diproses dengan benar, kepemilikan sepeda akan di transfer dari IVITECH.Drive ke pengemudi. Pengemudi pun bisa menggunakan motor listrik untuk sewa sesuai waktu yang dipesan. 

Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...