Jokowi Panggil Menteri Bahas Perdagangan Digital dan Tiktok Shop

Muhamad Fajar Riyandanu
25 September 2023, 11:37
jokowi, tiktok, ecommerce
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat internal kabinet terkait kebijakan pengaturan pernigaan elektronik di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (25/9).  Salah satu yang menjadi pembahasan adalah mengenai Tiktok Shop.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhit Binsar Pandjaitan dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Teten Masduki. 

Selain itu, hadir pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Eddy  Hiariej.

"Ratas kali ini mengenai digital, e-commerce," kata Zulkifli kepada para awak media di Istana Kepresidenan, 

Dia menambahkan, topik yang dibicarakan dalam ratas itu mencakup pembahasan Tiktok Shop dan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 tahun 2020. Revisi Permendag tersebut akan mencantumkan sejumlah aturan terkait social commerce seperti TikTok Shop.

"Semuanya akan dibahas, masak hanya satu (TikTok Shop)," ujar Zulkifli saat menjawab pertanyaan awak media.

Pembahasan mengeni TikTok Shop pada ratas tersebut dipertegas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi yang hadir dalam pertemuan kabinet itu. "Ya, TikTok. Ratas mengenai perniagaan sistem elektronik," ujar Budi. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...