Jokowi: Harga Beras di Singapura dan Brunei Lebih Mahal dari Indonesia

Agustiyanti
7 Oktober 2023, 15:18
harga beras, jokowi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi. Rata-rata harga beras medium secara nasional kini sudah berada di atas Rp 13.000 per kg.

Harga beras terus merangkak naik hingga mencapai di atas Rp 13.000 per kg untuk jenis beras medium. Presiden Joko Widodo mengatakan, kenaikan harga beras terjadi di banyak negara akibat krisis pangan. Harga beras di sejumlah negara tetangga Indonesia bahkan jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia. 

“Misalnya di Singapura rata-rata harganya Rp 21.600 per kg, di Brunei harganya sudah mencapai rata-rata Rp 37.000 per kg, di tetangga dekat kita di Timor Leste harganya Rp 20.000 ribu. Harga beras kita masih Rp 10.800-Rp 13.000 per kg, tetapi memang harganya naik. Di globalnya memang seperti itu,” kata Jokowi ketika menyampaikan arahan dalam Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (7/10). 

Jokowi menjelaskan, kenaikan harga beras tak hanya dipengaruhi oleh krisis pangan global karena pengaruh iklim. Harga pangan yang naik juga dipicu kebijakan 22 negara produsen beras, termasuk India, yang menghentikan ekspornya. 

Banyak negara menyetop ekspor beras di saat Indonesia masih perlu mengimpor 1,5 juta ton hingga 2 juta ton beras. Impor beras dibutuhkan karena produksi dalam negeri yang belum mencukupi sementara jumlah penduduk terus bertambah.

“Penduduk kita saat ini sudah 278 juta jiwa dari sebelumnya 270 juta jiwa, sehingga produksi berasnya juga harus bertambah. Ini lah masalah yang harus saya sampaikan apa adanya karena masalah di sebuah negara akan berimbas ke negara lain,” kata Jokowi.

Ia pun menyebut, pemerintah selama enam bulan terakhir telah memberikan bantuan 10 kilogram beras per bulan bagi 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) guna mendorong harga beras turun. Kebijakan itu akan diteruskan hingga November mendatang untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

“Sepanjang APBN kita ada masih ada ruang pasti akan kita putuskan untuk membantu,” kata Jokowi.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...