Mengenal Hamas, Asal Usul Konflik, dan Kecurigaan Dukungan dari Iran

Annisa Fianni Sisma
10 Oktober 2023, 16:11
Hamas
Pexels
Ilustrasi, aktiis kemerdekaan Palestina.

Hamas adalah akronim Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah, dan dikenal sebagai Gerakan Perlawanan Islam atau gerakan Islam militan Palestina.

Hamas dikabarkan meluncurkan serangannya dari Gaza, Palestina ke Israel. Akibatnya, ratusan orang pun tewas. Hamas berdiri sejak 1987 oleh Sheikh Ahmed Yassin dan kepemimpinannya berasal dari Ikhwanul Muslimin cabang Palestina.

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik membahas apa itu Hamas. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Formasi dan Ideologi Hamas

Hamas adalah
Hamas adalah (Pexels)
 

Melansir dari Britannica, sejak akhir 1970-an, aktivitas yang berkaitan dengan kelompok Islamis Muslim Brotherhood mendirikan jaringan amal, sekolah, klinik, dan aktif di wilayah yang diduduki Israel. Wilayah itu adalah Jalur Gaza dan West Bank.

Di Gaza, pihaknya aktif di masjid. Sementara aktivitas mereka di West Bank hanya terbatas di lingkup universitas saja.

Kegiatan Ikhwanul Muslimin ini terjadi tanpa kekerasan. Namun ada kelompok kecil yang menyerukan jihad karena ingin melawan Israel.

Kemudian pada 1987, di awal Palestina memberontak melawan pendudukan Israel, Hamas pun didirikan oleh Ikhwanul Muslimin dan faksi agama Palestine Liberation Organization (PLO). Dalam bahasa Arab, Hamas adalah kata yang berarti semangat.

Pada 1988, Hamas menyatakan Palestina merupakan tanah air Islam yang tidak akan pernah diserahkan ke non-muslim. Mereka juga melakukan perang untuk merebut kendali Palestina dari Israel. Perang itu dianggap sebagai penyebab konflik dengan PLO, yang sebelumnya mengakui keberadaan Israel.

Hamas pun bertindak independen terhadap organisasi Palestina lainnya. Oleh sebab itulah, muncul permusuhan kelompok itu dan rekan nasionalis sekulernya.

Serangan Hamas yang kejam terhadap sasaran sipil dan militer pun mendorong Israel menangkap sejumlah pemimpin Hamas pada 1989. Pemimpin tersebut termasuk Sheikh Ahmed Yassin.

Pada tahun berikutnya, Hamas pun melakukan reorganisasi untuk memperkuat dirinya. Hamas juga menempatkan para pemimpin di luar jangkauan Israel. Pada 1999, Yordania mengusir pemimpin Hamas dari Amman. Pengusiran ini disertai tuduhan karena mereka menggunakan kantor di Yordania sebagai pos untuk kegiatan militer di West Bank.

Posisi Hamas dalam Proses Perdamaian

Hamas adalah
Hamas adalah (Pexels)

Hamas menolak organisasi yang menyerahkan wilayah manapun sejak awal. Hamas mengecam perjanjian perdamaian antara Israel dan PLO pada 1993.

Hamas pun bersama kelompok Jihad Islam mengintensifkan kampanyenya dengan pelaku bom bunuh diri. PLO dan Israel pun mengatasinya dengan peningkatan keamanan dan sanksi.

Israel dan Palestina yang gagal berunding pada September 2000 menyebabkan terjadinya kekerasan yang marak. Kekerasan ini disebut sebagai Intifada Aqsa.

Setelah adanya intifada Aqsa, Hamas pun melunakkan diri atas proses perdamaian. Hamas yang telah lebih dari satu dekade menolak prinsip dasar Otoritas Palestina atau Palestine Authority (PA), mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif Palestina pada 2006.

Intifada yang merupakan istilah bahasa Arab ini berarti mengguncang. Intifada Aqsa adalah pemberontakan melawan pendudukan Israel di Jalur Gaza dan West Bank. Intifada awalnya adalah aksi yang spontan terhadap 20 tahun pendudukan Israel. Namun kemudian Intifada diambil alih oleh PLO.

Taktik Intifada berupa boikot, konfrontasi, serangan terhadap pasukan Israel. Intifada dilatarbelakangi adanya pendudukan tersebut yang menyebabkan sekitar 800 warga Palestina dibunuh oleh Israel pada 1990.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...