Alternatif Cara Memanjangkan Rambut Mudah, Cepat, dan Alami

Siti Nur Aeni
27 Juli 2021, 14:25
Alternatif Cara Memanjangkan Rambut Mudah, Cepat, dan Alami
instagram.com/kyo1122
Song Hye Kyo artis Korea yang terkenal dengan rambut panjang yang cantik

Memiliki rambut panjang mungkin menjadi impian setiap perempuan. Rambut panjang, hitam serta berkilau menggambarkan sosok perempuan yang anggun dan feminim. Sehingga tak heran, banyak perempuan yang mencari cara memanjangkan rambut. Sebenarnya untuk mendapatkan rambut panjang banyak sekali caranya. Anda bisa mendapatkan rambut panjang, sehat, berkilau secara alami dan cepat dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Banyak di antara kaum Hawa yang mendambakan rambut panjang dengan cepat. Ternyata hal tersebut bukanlah mimpi belaka, karena sebenarnya ada cara memanjangkan rambut dengan cepat dan mudah. Berikut ini cara-caranya:

1. Potong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut ternyata bisa membuat rambut tumbuh dengan cepat. Secara logika, ketika rambut dipotong tentu akan semakin pendek, akan tetapi ternyata hal ini berkebalikan. Karena ternyata ujung rambut yang rutin dipotong bisa menjadi pemicu rambut tumbuh dengan lebih cepat. Hal tersebut disebabkan ujung rambut seringkali mengalami kerusakan dan pecah. Jika rambut yang rusak dan pecah itu dibiarkan tumbuh memanjang, akan berakibat rambut mejadi kering, sehingga pertumbuhan rambut menjadi terganggu dan rambut tidak lagi cantik.

Disarankan untuk memotong ujung rambut sepanjang kurang lebih 1 cm setiap 10 sampai 12 minggu sekali. Pemotongan ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan rambut yang bercabang. Meskipun diminta untuk memotong sekitar 1 cm, namun jangan lupa untuk memperhatikan model dari rambut anda, jangan sampai karena asal memotong justru membuat rambut menjadi berantakan dan berbeda panjangnya antar-sisi.

2. Gunakan Kondisioner

Konisioner sudah sangat akrab ditelinga kita semua, terutama para perempuan. Ternyata menggunakan kondisioner setiap selesai keramas juga bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut. Kondisioner memiliki fungsi untuk mengganti lemak dan proten pada bagian dalam batang rambut serta membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Kondisioner ini juga memiliki peranan lain dalam menjaga kesehatan rambut, seperti mengencangkan rambut, menambah elastisitas rambut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Dengan rutin menggunakan kondisioner, bukan hanya cepat panjang namun rambut juga bisa tumbuh dengan sehat dan indah.

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Ternyata keramas setiap hari tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang berupaya memanjangkan rambut. Meskipun pada umumnya para wanita dengan rambut panjang akan tergoda untuk keramas setiap hari karena cuaca yang panas membuat rambut lebih cepat berminyak dan kulit kepala gatal-gatal.

Keramas yang terlalu sering ternyata bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kasar, dan mudah patah. Kulit kepala yang terlalu sering terkena sampo juga bisa berubah menjadi kering hingga iritasi. Larangan keramas setiap hari ini sebenarnya untuk menghindari efek sampo yang terlalu berlebih.

Saat ini produk shampo yang dijual di pasaran banyak mengandung bahan sulfat yang justru bisa menghilangkan minyak alami di kepala. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mulai selektif saat memilih sampo. Carilah sampo yang buat dari bahan non-sulfat untuk menjaga agar rambut Anda bisa tumbuh panjang dan sehat.

4. Jangan Sisir Rambut dalam Kondisi Basah

Menyisir rambut saat masih basah ternyata tidak dianjurkan. Hal tersebut dikarenakan rambut yang masih dalam kondisi basah mudah mengalami kerusakan dan lemah. Sehingga jika disisir dalam kondisi basah bisa menyebabkan kerusakan.

Akan tetapi untuk mendapatkan rambut yang panjang dan sehat juga tidak diperkenankan terlalu sering menggunakan pengering rambut (hairdryer), karena panas yang dihasilkan oleh alat ini juga bisa membuat rambut mudah patah.

Anda juga harus selektif dalam memilih sisir. Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan pastikan sisir tersebut tidak menarik rambut terlalu keras dan menyebabkan kerontokan.

5. Kurangi Perawatan Menggunakan Bahan Kimia

Cara memanjangkan rambut berikutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia untuk merawat rambut. Biasanya para perempuan akan tergoda untuk melakukan berbagai perawatan rambut seperti  bleaching, coloring, dan perawatan dengan bahan kimia lainnya. Perawatan menggunakan bahan kimia ternyata bisa memperlambat pertumbuhan rambut serta menyebabkan rambut mudah rusak dan kering.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dan Lurus

Bukan hanya rambut panjang saja yang menjadi impian banyak perempuan. Namun, rambut panjang dan lurus juga menjadi impian tersendiri. Untuk mendapatkan rambut panjang dan lurus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini cara cepat memanjangkan rambut dan lurus.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Merawat rambut dari dalam menjadi sebuah keharusan. Konsumsi makanan yang bergizi selain menyehatkan badan, ternyata bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dan rambut bisa tumbuh dengan lurus. Makanan seperti buah, sayur, daging, susu, dan ikan bisa membantu rambut tumbuh dengan sehat dan meminimalisir kerontokan.

2. Gunakan Sumplemen Keratin

Suplemen keratin bisa menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan rambut yang panjang dan lurus. Saat ini sudah banyak produk perawatan rambut yang mengandung keratin, vitamin, dan mineral yang bisa mengurangi kerontokan pada rambut, dan menguatkan serta menebalkan rambut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...