Beragam Manfaat Teh Rosella, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 18:42
Beragam Manfaat Teh Rosella, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan
alodokter.com
Teh bunga rosella yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Tren makanan dan minuman herbal beberapa waktu terakhir memang tengah naik daun. Salah satu minuman herbal yang banyak digemari yaitu teh rosella atau teh bunga rosela. Manfaat teh rosella ini dipercaya baik untuk kesehatan.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi teh rosella mungkin akan bertanya-tanya tentang keistimewaan dari minuman ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teh ini terbuat dari bunga rosella.

Perlu diketahui bahwa bunga rosella merupakan jenis bunga berwarna merah dan termasuk tanaman perdu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penjelasan di halodoc.com, bunga cantik ini diketahui memiliki kemampuan menyembuhkan lebih besar dibandingkan kumis kucing.

Teh rolsella mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa zat istimewa lainnya seperti fenolik, glukosa hibiscin, dan antiosinan. Masih mengutip dari halodoc.com, berikut manfaat teh rosella yang penting untuk diketahui.

Manfaat Bunga Rosella Sebagai Teh Herbal

1. Sebagai Antioksidan

Senyawa fenolik yang adalam teh rosella ternyata berguna sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Antioksidan berguna untuk menghalau penyakit yang akan masuk ke tubuh dan melawan bakteri serta virus berbahaya. Antioksidan juga dapat menjaga tubuh dari kerusakan sel dan risiko penuaan dini.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat rosella selanjutnya yaitu sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan konsumsi teh rosella, maka kekebalan tubuh bisa meningkat dan kita terhindar dari beragam penyakit.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi teh rosella pagi dan malam hari ternyata sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Hal tersebut dikarenakan rosella mengandung vitamin C yang dapat meluruhkan lemak jahat.

Tak hanya itu, teh bunga rosella juga dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik. Teh rosella juga dipercaya bisa menghambat kerja enzim amilase yakni enzim yang tugasnya untuk menyerap karbohidrat.

4. Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat bunga rosella untuk wajah yaitu dapat membantu meremajakan kulit. Konsumsi teh rosella secara rutin diketahui bisa melindungi kulit dan wajah dari bahaya radikal bebas dan sinar UV. Selain itu, teh rosella juga mengandung protein penting, asam, amino, dan vitamin C yang akan membuat kulit dan wajah lebih sehat dan cerah.

5. Menurunkan Darah Tinggi

Teh bunga rosella juga dipercaya bisa membantu menurunkan darah tinggi. Ekstrak dari kelopak bunga rosella diketahui bisa memberikan efek captopril. Sebagai tambahan informasi, captopsil merupakan obat yang masuk ke kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin.

Fungsi dari obat ini yaitu untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung. Dengan demikian, bagi pengidap tekanan darah tinggi, konsumsi teh rosella bisa menjadi alternatif penyembuhan. Diketahui konsumsi teh rosella secara rutin dalam waktu sekitar 12 hari, dapat menurunkan darah tinggi mencapai 11%.

Tentu saja untuk menjadikan teh rosella sebagai obat herbal perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab tidak menutup kemungkinan obat herbal tersebut dapat memberikan efek samping pada tubuh.

Manfaat Bunga Rosella dan Cara Mengolahnya

Selain kelima manfaat teh rosella yang sudah disebutkan sebelumnya, menurut penjelasan di alodokter.com, bunga rosella juga memiliki manfaat seperti berikut:

  1. Mengatasi gejala pilek.
  2. Mengatasi sembelit.
  3. Meredakan demam.
  4. Mencegah risiko kerusakan DNA dan membantu memperbaiki DNA.
  5. Mengatasi radang.
  6. Memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  7. Mengobati penyakit jantung dan saraf.

Dalam laman alodokter.com juga dijelaskan tentang cara pengolahan dari bunga ini. Bagian yang umumnya dimanfaatkan sebagai obat herbal yaitu kelopaknya. Sebab bagian ini terdapat antosianin yang fungsinya sebagai antioksidan.

Bunga rosella diketahui bisa diolah untuk berbagai keperluan. Apabila ingin mengolah bunga rosella sebagai teh, Anda bisa langsung memasak bunga rosella kering dalam air mendidih. Setelah itu, air hasil rebusan rosella kering dapat dinikmati sebagai teh.

Jika ingin menggunakan rosella sebagai bumbu masakan, maka Anda bisa menambahkan bunga ini dalam masakan yang sedang diolah. Warna rosella yang cantik juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan.

Tidak hanya itu, rosella juga ternyata bisa diolah menjadi masker kecantikan. Berdasarkan penjelasan di Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera 14(28), berikut ini cara membuat masker dari bunga rosella dengan mudah.

Bahan-bahan:

  1. Bunga rosela 50 buah.
  2. Air ½ liter.
  3. Madu 50 ml.

Alat yang dibutuhkan:

  1. Panci.
  2. Sendok pengaduk.
  3. Kompor.
  4. Blender.
  5. Kemasan aluminium foil.

Cara pembuatan:

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan bunga rosella lalu rebus kurang lebih 3-5 menit. Setelah itu saring.
  3. Masukkan madu dalam cangkir dan campurkan ke dalam larutan, aduk sampai rata.
  4. Aduk terus hingga larutan rosella mengkritsal.
  5. Setelah itu, biarkan suhunya turun hingga suhu ruang.
  6. Haluskan kristal dengan blender untuk membuatnya menjadi serbuk. Anda juga bisa menggunakan lesung untuk menumbuk kristal rosella ini.
  7. Setelah halus, masukkan masker rosella dalam kemasan aluminium foil supaya lebih awet. Masker ini bisa disimpan selama 3 hari.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...