Herd Immunity Bukan Didapat dari Membiarkan Orang Terkena Covid-19

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
30 Januari 2021, 11:03
VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA DI TASIKMALAYA
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.

Hampir satu tahun dilanda pandemi, Indonesia masih menghadapi persoalan berat dalam penanganannya. Per tanggal 29 Januari 2021, total positif mencapai 1.051.795 kasus. Klaster Covid-19 yang bermunculan pun makin beragam seperti klaster keluarga, klaster perkantoran, klaster industri, sampai klaster komunitas.

Melihat banyaknya klaster yang bermunculan mencerminkan perlunya peningkatan pengawasan kepatuhan protokol kesehatan yang intensif dan berkelanjutan. Di samping persoalan klaster, masih banyak kesalahpahaman tentang Covid-19 yang beredar di masyarakat.

Salah satunya adalah anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa kekebalan komunitas (herd immunity) bisa dicapai dengan membiarkan orang yang terkena Covid-19 sembuh sendiri. Masyarakat beranggapan, para penyintas akan memiliki kekebalan tubuh dengan sendirinya. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meluruskan anggapan ini.

"Membiarkan orang sakit menjadi kebal dengan sendirinya, adalah keliru. Hal ini telah ditegaskan WHO (World Health Organization) sejak Oktober 2020," katanya saat memberikan perkembangan penanganan Covid-19 di Gedung BNPB yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (28/1).

Berdasarkan definisi WHO, herd immunity akan terlindungi dari virus ketika masyarakat di suatu daerah sebagian besar populasinya sudah disuntik vaksin. "Sehingga perlu ditegaskan, bahwa kekebalan komunitas dapat terbentuk dengan melindungi populasi dari virus, bukan dengan sengaja membiarkannya,"kata Wiku menegaskan.  

Melansir dari Antara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyatakan bahwa dengan semakin banyak orang menerima vaksin Covid-19, maka makin banyak orang yang memiliki perlindungan spesifik atau kekebalan terhadap virus Corona.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...