Satgas Susun Skenario Gelombang Covid-19, Tembus 400 Ribu Kasus Aktif

Rizky Alika
19 November 2021, 17:03
covid-19, corona, pandemi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap merawat pasien Covid-19 yang menunggu di pelataran untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6/2021). Sejak awal bulan Juni 2021 atau setelah libur lebaran hingga saat ini lonjakan pasien positif Covid-19 terus terjadi sehingga rumah sakit kewalahan dan kehabisan tempat perawatan.

Pemerintah memperkirakan Covid-19 masih akan berada di Indonesia untuk beberapa waktu ke depan. Oleh sebab itu mereka menyiapkan skenario munculnya gelombang baru kasus positif corona.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memprediksi kemungkinan kasus aktif bisa melebihi 400 ribu orang. Sebagai perbandingan, hingga Kamis (18/11) kasus aktif corona Indonesia sebesar 8.315 orang.

"Tidak akan setinggi kemarin (gelombang kedua) tapi kemungkinan kita bisa mencapai kasus aktif lebih dari 400 ribu," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Sonny Harry dalam webinar, Jumat (19/11).

Perkiraan kasus aktif tersebut lebih rendah dibandingkan gelombang kedua pandemi pada Juni dan Juli lalu. Saat itu, kasus aktif tertinggi terjadi pada 23 Juli yaitu 569.901 kasus aktif.

Namun, perkiraan kasus aktif oleh BNPB lebih tinggi dibandingkan gelombang pandemi pertama pada Februari lalu. Pada saat itu, kasus aktif tertinggi mencapai 176.672 orang pada 5 Februari.

Sonny mengatakan, skenario yang disusun terdiri dari lonjakan kasus dalam jumlah sedikit, moderat, dan tinggi. Namun, ia tidak memerinci masing-masing skenario tersebut.

Ia pun mengatakan perlu upaya bersama untuk penanganan pandemi. Hal ini dilakukan dengan mengubah nilai dan kepercayaan yang diyakini masyarakat terkait perilaku kesehatan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...