10 Perusahaan Terbesar di Indonesia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Image title
13 April 2022, 11:22
perusahaan terbesar di Indonesia
bca.co.id
Ilustrasi, Menara BCA. PT Bank Central Asia Tbk menempari posisi pertama dalam daftar perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Besar dan pertumbuhan dari suatu perusahaan dapat dinilai dari kapitalisasi pasar sebagai tolak ukur. Kapitalisasi pasar adalah sebuah istilah bisnis yang merujuk ke harga keseluruhan dari sebuah saham perusahaan, yaitu sebuah harga yang harus dibayar seseorang untuk membeli seluruh perusahaan.

Kapitalisasi pasar mencerminkan besarnya perusahaan tersebut. Namun, tidak seluruh saham yang tercatat diperdagangkan secara aktif. Dalam perhitungan IHSG, semakin besar kapitalisasi pasar suatu perusahaan, semakin besar pengaruh saham tersebut terhadap perubahan IHSG.

Nilai kapitalisasi pasar yang tinggi juga menunjukkan semakin banyak jumlah investor pada perusahaan tersebut, sehingga kinerja perusahaan dapat dinilai baik. Di Indonesia, kapitalisasi pasar suatu perusahaan dapat dipantau melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Gelar perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar diraih oleh PT Bank Central Asia Tbk. Berdasarkan laporan BEI, nilai kapitalisasi pasar saham emiten bersandi BBCA ini mencapai Rp 973,28 triliun per Maret 2022.

Selengkapnya, simak profil perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar berikut ini.

1. PT Bank Central Asia Tbk

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih posisi pertama sebagai perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan nilai kapitalisasi pasar. Perusahaan ini awalnya didirikan pada 10 Oktober 1955  dengan nama NV Perseroan Dagang dan Industrie Semarang Knitting Factory. Kemudian pada 21 Februari 1957 berganti nama menjadi Bank Central Asia.

BCA merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang usaha bank umum dengan persentase kepemilikan saham sebesar 54,94% dipegang oleh PT Dwimuria Investama Andalan dan 45,06% dipegang masyarakat.

Kemudian, berdasarkan publikasi Laporan Keberlanjutan 2021, per 31 Desember 2021 sebanyak 2,49% kepemilikan saham BCA dimiliki oleh pihak yang terafiliasi dengan PT Dwimuria Investama Andalan. Sementara, Komisaris (tidak termasuk Komisaris Independen) dan Direksi memiliki 0,19% saham BCA.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menempati posisi kedua sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 699,20 triliun per Maret 2022. BRI merupakan bank milik pemerintah yang didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Kepemilikan saham BRI sebesar 56,75% dipegang oleh pemerintah dan  43,25% dipegang masyarakat.

3. PT Telkom Indonesia Tbk

PT Telkom Indonesia Tbk berhasil menjadi perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 453,7 triliun per Maret 2022. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik.

4. PT Bank Mandiri Tbk

Posisi keempat perusahaan terbesar di Indonesia diraih oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 364,98 triliun per Maret 2022. Bank Mandiri merupakan BUMN yang bergerak di bidang usaha bank umum.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...