Cara Menggunakan Rumus Selisih Excel dengan Mudah

Tifani
Oleh Tifani
16 November 2022, 21:26
Rumus Selisih Excel
Katadata
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah software yang paling sering digunakan dalam dunia kerja. Saat ini, banyak pekerjaan yang menyantumkan syarat menguasai Excel untuk para pelamarnya, seperti akuntan, data analyst dan marketing.

Excel digunakan untuk mengelola data sederhana hingga rumit, mengelola teks dan membuat diagram maupun grafik. Data dan Ms. Excel tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

1. Rumus Selisih Excel (Logika IF)

Hampir seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan data dilakukan menggunakan Ms. Excel untuk mengolah dan menganalisa suatu data. Data yang diolah bisa berupa data bisnis, data manusia, data experiment, dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi excel yaitu mencari selisih antara dua angka. Mencari selisih atau mengurangi di Excel adalah hal yang mudah, hanya perlu membuat rumus sederhana untuk melakukannya.

Rumus mencari selisih sederhana di excel yang dibilang tidak cukup rumit menggunakan logika IF. Fungsi IF atau Rumus IF adalah salah satu fungsi Excel yang termasuk dalam kategori atau kelompok logical yang sering digunakan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus microsoft excel.

Rumus Excel IF akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE). Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.

Sintaks fungsi IF:

IF(TesLogika; KondisiTerpenuhi; [KondisiTidakTerpenuhi])

Dari sintaksis di atas, dapat kita ketahui bahwa rumus atau fungsi IF pada excel tersusun dari 3 argumen:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...