Serba Serbi Laga Indonesia vs Argentina Hari ini, Jokowi Nonton di GBK

Ira Guslina Sufa
19 Juni 2023, 07:52
Timnas Indonesia
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.
Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) berebut bola di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023).

Pertandingan FIFA match day yang mempertemukan tim nasional Indonesia versus timnas Argentina akan berlangsung hari ini, Senin (19/6). Pertandingan akan digelar di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia sebagai penyelenggara. Tim nasional Indonesia pun telah menyiapkan berbagai hal untuk kelancaran pertandingan Indonesia menghadapi juara Piala Dunia 2022 Argentina. 

Wacana mengenai pertandingan antara Indonesia melawan Argentina pertama kali disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, pada pertengahan Maret silam. Pernyataan itu dilontarkan Zainudin saat ditanyai mengenai perkembangan terkini Kongres FIFA di Rwanda yang diikuti Ketua Umum PSSI Erick.

Seiring waktu, wacana itu ternyata dapat direalisasikan oleh Erick dan jajarannya di PSSI. Meski tidak membawa serta mega bintangnya Lionel Messi, kehadiran timnas Argentina di Indonesia menjadi penting mengingat timnas Indonesia biasanya mendatangkan tim-tim peringkat bawah atau menengah ke Tanah Air.

Berikut serba serbi jelang laga antara Timnas Indonesia vs Argentina

Presiden Jokowi Nonton Langsung di GBK

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menonton langsung laga Indonesia vs Argentina di Gelora Bung Karno. Kehadiran Presiden Jokowi dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum Persatuan Seluruh Sepak Bola Indonesia (PSSI) Zainudin Amali usai meresmikan peluncuran bus baru untuk timnas Indonesia di Garuda Store, komplek stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6). 

"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bakal hadir menonton langsung pertandingan. Sudah dipastikan, Insyallah hadir," kata Zainudin Amali kepada pewarta.

Menurut Zainudin panitia sudah mengantisipasi berbagai hal terkait kedatangan Jokowi. Salah satunya adalah berkoordinasi dengan keamanan, PSSI pun menurut dia menghimbau para suporter untuk langsung masuk ke stadion untuk menghindari penumpukan. 

"Sudah diarahkan. Kepada teman-teman (suporter) tolong datang lebih awal, jangan pas mulai pertandingan, baru mau datang. Bagi mereka yang sudah mempunyai gelang langsung masuk ke dalam (stadion)," kata Zainudini.

Skuad Timnas Indonesia Hadapi Argentina 

Timnas Indonesia dipastikan melalui pelatih Shin Tae Yong akan turun dengan pemain-pemain andalan seperti Dimas Drajad, Asnawi Mangkualam, Arhan Pratama dan Marc Klok. Skuad Garuda hanya tidak dapat diperkuat oleh bek Sandy Walsh yang mengalami cedera betis saat menjalani pemusatan latihan di Surabaya pada Minggu lalu.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong mengungkapkan pertandingan nanti malam akan berjalan sulit untuk tim Merah Putih. Alasannya tim Argentina yang berjuluk Albicaleste merupakan tim peringkat satu dunia dan perbedaan peringkat yang terlampau jauh dengan timnas Indonesia.

Menurut Shin Tae Yong, ia memang pernah membawa timnas Korea Selatan unggul dari tim besar Jerman pada Piala Dunia Rusia 2018. Namun menurut dia saat itu Korea Selatan berada di peringkat FIFA 50. 

“Kita Indonesia berada di peringkat FIFA 149. Jadi ya mungkin akan jadi sulit laga ini untuk menang dan saya mempersiapkan pertandingan ini untuk para pemain Indonesia agar bisa lebih banyak belajar dan berkembang," kata Shin Tae Yong.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...