Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Fokus Jaga Harga dan Stok Pangan

Andi M. Arief
3 Juli 2023, 11:58
 jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Jokowi memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Presiden Joko Widodo menargetkan pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua 2023 tetap tumbuh positif. Strategi yang akan diterapkan adalah stabilisasi harga kebutuhan pokok dan ketersediaan stok pangan.

Jokowi mengatakan dampak dari implementasi strategi tersebut akan mendongkrak konsumsi rumah tangga. Selain itu, inflasi di tingkat daerah dapat terjaga.

"Untuk pangan, pastikan ketersediaan pupuk tepat sasaran dan jaga stabilitas moneter," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, Senin (3/7).

Selain stabilisasi harga dan stok, Jokowi mengimbau pejabat di sektor pangan untuk mengantisipasi kemarau panjang atau El Nino. Ia mengarahkan agar para menteri dan kepala lembaga dapat mengelola air dengan baik.

Presiden mencatat pemerintah telah membangun lebih dari 5.000 embung di penjuru negeri. Selain itu, kini ada 38 bendungan yang telah beroperasi.

Dengan situasi yang ada mantan Gubernur DKI Jakarta ini menargetkan total bendungan yang beroperasi pada tahun depan dapat bertambah menjadi 61 unit. Namun Jokowi tetap menekankan pentingnya pengelolaan pasokan air di embung dan bendungan. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...