Polemik Renovasi JIS, Kubu Anies Sebut Pemerintah Cari-cari Kekurangan

Ade Rosman
5 Juli 2023, 18:25
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kanan) berbincang dengan pengelola saat meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). Menpora meninjau kesiapan Stadion JIS untuk diajukan kep
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kanan) berbincang dengan pengelola saat meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengomentari rencana renovasi Jakarta International Stadium atau JIS jelang gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. Menurutnya, pemerintah terkesan mencari-cari kekurangan terkait stadion yang dibangun saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?,” kata Sudirman dalam keterangannya, Rabu (5/7).

Sudirman mengklaim sudah ada banyak testimoni dari sejumlah lembaga internasional yang memberi apresiasi atas pembangunan JIS. Ia bahkan mengklaim beberapa pesepakbola internasional mengakui keunggulan stadion yang dibangun tak jauh dari kawasan wisata Ancol itu. 

Menurut Sudirman minimnya apresiasi terhadap pembangunan JIS lebih terkesan politis. Alasannya Anies merupakan calon presiden yang diusung partai politik yang memiliki pandangan berbeda dengan pemerintahan Jokowi.

Saat ini Anies telah mengantongi tiket calon presiden dari Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Sudirman mengatakan  perbedaan posisi politik bukan tidak mungkin membuat ada unsur politik di balik polemik renovasi JIS.

Sudirman menjelaskan tendensi politik terkait renovasi JIS Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengomentari rencana renovasi Jakarta International Stadium atau JIS jelang gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. Menurutnya, pemerintah seakan-akan mencari kekurangan terkait stadion yang dibangun saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.

“Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?,” kata Sudirman dalam keterangannya, Rabu (5/7).

Ia mengklaim, banyak lembaga internasional, lembaga profesi dan pesepakbola internasional yang memberikan apresiasi pada kualitas stadion JIS. Menurutnya, tak berlebihan jika muncul anggapan bahwa polemik kualitas JIS bersinggungan dengan kondisi politik.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...