PKB Berpeluang Gabung dengan Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo

Ade Rosman
6 Juli 2023, 16:56
Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentangkan poster saat mengawal pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di KPU Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/5/2023).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.
Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentangkan poster saat mengawal pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di KPU Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/5/2023).

Partai Politik barisan pendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 mengadakan rapat di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.  Pertemuan membahas kemungkinan bergabungnya PKB dan partai lain untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah tersebut pada Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengatakan pertemuan antara Fraksi PKB dan PDIP DPR RI beberapa waktu lalu menjadi salah satu bahasan dalam rapat itu.

"Saya kira itu jadi perkembangan yang baik sebagaimana yang kami inginkan bersama, koalisi atau kerja sama parpol pengusung Ganjar ini bisa bertambah lagi," kata Arwani, Kamis (6/7).

Ia berharap, pertemuan antara kedua fraksi tersebut bisa berkembang menjadi dukungan konkret terhadap Ganjar. Tak hanya PKB, hal serupa ia tujukan pada parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar dan PAN.

"Kami sangat sambut baik jika pertemuan PKB dengan PDIP kemarin bisa ditindaklanjuti dengan langkah konkret untuk bisa bersama-sama di tempat ini," katanya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum PDIP Bambang Wuryanto mengungkapkan pertemuan yang telah dilakukan oleh fraksi partainya.

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal itu membahas mengenai kemungkinan kerja sama pada kontestasi Pemilu 2024 termasuk terkait Pilpres.

“Kita mengobrol di sana, bagaimana kerja sama ke depannya. Apakah di situ capres cawapres dibicarakan? Ya dibicarakan,” katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/7).

PKB saat ini telah bergabung bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Meski begitu hingga kini belum ada kejelasan mengenai sosok pendamping Prabowo dalam Pilpres 2024.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...