Puan Suarakan Harapan PDIP Agar Jokowi Tetap Sejalan di Pilpres

Ira Guslina Sufa
5 Agustus 2023, 14:11
PDIP
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani menyampaikan pidato saat menghadiri Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Jumat (3/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani berharap hubungan partainya dengan Presiden Joko Widodo akan selalu berjalan baik. Hal itu ia sampaikan di tengah menguatnya anggapan publik soal sinyal dukungan Jokowi condong kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Kami berharap bahwa hubungan antara Presiden atau Pak Jokowi dengan PDI Perjuangan itu akan selalu berjalan dengan baik," kata Puan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (5/8). 

Menurut Puan partainya berkeyakinan Jokowi tetap akan segaris dengan keputusan partai lantaran PDIP merupakan pendukung utama Jokowi dalam dua kali pemilihan presiden yaitu 2014 dan 2019. Atas alasan itu ia yakin Jokowi punya hubungan yang kuat dengan PDIP

"Yang bisa saya pahami atau saya artikan Pak Jokowi itu adalah presiden yang dua kali diusung dan didukung oleh PDI perjuangan," ujar Puan. 

Pernyataan Puan soal hubungan Jokowi dan PDIP terlontar setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu diminta wartawan menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Partai Solidaritas Indonesia pada Rabu (2/8). PSI merupakan partai yang selalu menyatakan sikap tegak lurus dengan arah politik Jokowi. 

Usai menerima kunjungan Prabowo, Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengatakan partainya memiliki kesamaan dengan Prabowo. Meski begitu Giring menyebut kesamaan itu belum bisa diartikan sebagai bentuk dukungan kepada Prabowo. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...