Prabowo Bantah Campur Tangan Jokowi di Balik Dukungan Golkar dan PAN

Ade Rosman
13 Agustus 2023, 16:54
Prabowo, jokowi
ANTARA FOTO/Sandi Sadewa/abs/Spt.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Bululawang, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Prabowo Subianto membantah adanya campur tangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di balik dukungan Partai Golkar dan PAN terhadap dirinya dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, Jokowi sangat menghormati independensi setiap partai politik. Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa tak mungkin Presiden turun tangan mengarahkan keputusan partai politik.

"Apapun keputusan partai, apapun, pengalaman dan keyakinan saya dan semua ketua umum, beliau (Jokowi) akan melarang, dikte. Tidak akan," kata Prabowo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8).

Ia mencontohkan keputusan Partai Perindo yang awalnya mendukung dirinya sebagai calon presiden atau capres dalam Pilpres 2024, kini mendukung Ganjar Pranowo. “Pak Jokowi tidak campur tangan sama sekali. Itu perlu saya tegaskan," katanya.

Hari ini (13/8), Prabowo mendapat dukungan tambahan dari PAN dan Partai Golkar. "Kami di sini tidak malu-malu mengatakan bahwa kami tim dari pemerintahan yang dipimpin oleh Bapak Jokowi," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, sebagai bagian dari tim Presiden Jokowi, keempat partai politik tersebut memahami permasalahan Indonesia, antisipasi tantangan, dan penanganannya.

"Kami paham itu. Kami mengerti masalah. Saya bersama Gus Imin, Mas Airlangga, Pak Zulkifli, kami bergulat, bersama-sama memahami masalah," kata Prabowo.

“Kami mengerti bersama-sama dengan Pak Jokowi, telah melihat arah ke depan, kami meyakini Indonesia akan menuju keadaan yang dicita-citakan rakyat,” Prabowo menambahkan.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...