Jokowi: Dirgahayu Republik Indonesia, Bersiap Sambut Bonus Demografi

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2023, 16:32
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) selaku inspektur upacara didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri), Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) didampingi Wuri Estu Handayani (kanan) memberikan hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam Upacar
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) selaku inspektur upacara didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri), Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) didampingi Wuri Estu Handayani (kanan) memberikan hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengangkat tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo memberikan pesan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Ke-78. Jokowi mengatakan RI sudah mampu melalui banyak tantangan dan cobaan.

Jokowi mengatakan seluruh cobaan mampu dihadapi karena semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar bangsa ini.

"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh," kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Kamis (17/8).

Jokowi mengatakan Indonesia masih menghadapi tantangan baru di tengah persaingan global yang sengit. Belum lagi, tahun 2030 nanti RI akan masuk fase bonus demografi.

"Ketika lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia berada pada usia produktif," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Namun Jokowi optimistis mampu memanfaatkan bonus demografi agar Indonesia beranjak jadi negara maju. Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak bersiap karena kondisi ini tak terjadi dua kali.

"Kita bersiap sejak hari ini. Dirgahayu Republik Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menyebut program hilirisasi akan berdampak besar bagi peningkatan pendapatan per kapita masyarakat. Namun peningkatan nilai tambah pada masa depan tidak akan terbatas pada sumber daya mineral, namun dilakukan pada semua jenis komoditas.

"Hilirisasi yang ingin kami lakukan adalah hilirisasi yang tidak hanya pada komoditas mineral, tapi juga non mineral, seperti sawit, rumput laut, kelapa, dan komoditas potensial lainnya," kata Jokowi dalam Rapat Tahunan MPR 2023, Rabu (16/8).


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...