PPP Ragu Anies Mampu Salip Elektabilitas Ganjar dan Prabowo di Pilpres

Ade Rosman
24 Agustus 2023, 06:00
PPP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kanan) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (kiri) dan Sekjen Arwani Thomafi (tengah) berfoto bersama kader pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Jumat (16/6/2023). PPP menggelar rapimnas ke VI yang berlangsung 16-17 Juni 2023 untuk konsolidasi internal para kader menjelang di Pemilu 2024.

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhamad Mardiono meragukan elektabilitas Anies Baswedan dapat menyalip Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di pemilihan presiden 2024 mendatang. PPP saat ini berada dalam barisan pendukung  bakal capres Ganjar Pranowo. 

"Bahwa saat ini survei tertinggi adalah ada dua kan kira-kira yang mengemuka setiap hari. Cuma dua orang itulah," kata Mardiono kepada wartawan merujuk nama Ganjar dan Prabiwo di kawasan Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (23/8).

Menurut Mardiono dalam situasi politik saat ini sangat sulit bagi Anies untuk mengejar elektabilitas Ganjar dan Prabowo dengan menyuguhkan sejumlah program. Selain itu Mardiono menyebutkan waktu yang tersedia menjelang pelaksanaan pemilu juga tidak banyak.

Hal lain yang menurut Mardiono memberatkan lantaran saat ini belum ada figur calon wakil presiden yang ditetapkan menjadi pendamping. Hal itu menurut dia membuat keunggulan Ganjar dan Prabowo menjadi sulit dikejar. Dalam situasi saat ini Mardiono yakin Ganjar merupakan sosok yang tepat dan paling berpeluang menang dalam pilpres. 

Di sisi lain Mardiono mengingatkan untuk bisa menang dalam pemilihan presiden capres dan cawapres harus meraih suara lebih dari 50% pemilih. Berdasarkan hal tersebut, Mardiono mengatakan hanya dua kandidat capres yang berpotensi bertarung ketat menghadapi pilpres. 

"Saya yakini ya calon yang didukung oleh PDIP dan PPP itu yang nanti akan rebound menjadi yang pertama, Insyaallah," kata Mardiono.

Saat ini, PPP bersama PDIP, Hanura, dan Perindo telah bersepakat untuk memajukan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Sedangkan dua kandidat lainnya yakni Anies Baswedan yang mengantongi dukungan dari Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Demokrat.

Adapun Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang. Meski ketiga capres telah mengantongi tiket untuk maju di pilpres namun belum satupun yang mengumumkan sosok cawapres yang akan mendampingi. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...