Jokowi Minta Setop Bully LRT, Imbau Masyarakat Tetap Naik

Andi M. Arief
31 Agustus 2023, 13:17
jokowi, lrt, bully
Agus Suparto
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Ibu OASE KIM menggunakan LRT dari Stasiun LRT Harjamukti, Depok menuju Stasiun Cawang, Jakarta Timur pada Senin, 28 Agustus 2023.

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak merundung atau bully pengoperasian kereta api ringan atau LRT. Menurutnya, operator LRT masih dalam tahap pembelajaran karena dioperasikan melalui pusat kontrol tanpa awak.

Jokowi menyamakan proses pembelajaran LRT dengan pengoperasian kereta cepat dan produksi mobil di Jepang. Kepala Negara menilai pelaku usaha di Jepang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengoperasikan kereta cepat maupun mobil.

"Bahwa ada kekurangan itu akan kami evaluasi. Pengoperasian Shinkansen atau kereta cepat Jepang langsung bagus? Itu bertahun-tahun. Jangan merundung produk kita sendiri," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (31/8).

Selain itu, Jokowi mengakui konstruksi LRT memiliki kesalahan desain. Walau demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memahami kesalahan tersebut lantaran pengoperasian LRT baru pertama kali di dalam negeri.

Walau demikian, Jokowi mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan LRT sebagai moda transportasi ke Ibu Kota. "Kalau setiap ada kekurangan kita langsung merundung, orang kan enggak berani mencoba membuat sesuatu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...