Kadin Serahkan Peta Jalan Indonesia Emas 2045 ke Jokowi

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
25 September 2023, 14:37
Bagi Kadin Indonesia, pembangunan yang inklusif, kolaboratif dan berkelanjutan menjadi kunci mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.
Kadin Indonesia
Pembangunan yang inklusif, kolaboratif dan berkelanjutan menjadi kunci mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045\\

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyerahkan peta jalan Indonesia Emas 2045 kepada Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Peta jalan yang disusun secara inklusif dan kolaboratif ini diharapkan bisa melengkapi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, Peta Jalan Indonesia Emas 2045 merupakan persembahan Kadin Indonesia kepada bangsa. Roadmap ini dibuat agar segala upaya, program, serta inisiatif dapat mewujudkan pencapaian visi pembangunan ekonomi Indonesia Emas 2045.

“Peta jalan dibuat dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam penyusunannya, berisikan langkah-langkah konkret dengan metrik sebagai tolak ukur pembangunan.” Katanya dikutip dari keterangan pers, Senin (25/9).

Arsjad menjelaskan, pemerintah mencanangkan cita-cita agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap). Indonesia juga diharapkan menjadi negara berkekuatan ekonomi terbesar keempat di dunia berdasarkan produk domestik bruto (PDB) paritas daya beli (PPP) pada 2045.

Seluruh potensi sumber daya yang ada, menjadikan Peta Jalan Indonesia Emas 2045 semakin relevan bagi Indonesia dan para pemimpin bangsa ini kedepan.

Roadmap akan memberikan panduan dalam memanfaatkan peluang-peluang serta mengatasi tantangan yang dihadapi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi, inklusif, dan berkelanjutan,” ucap Arsjad.

Penyusunannya peta jalan tersebut berlandaskan kepada empat aspek prioritas.

Pertama, meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan dengan memajukan pelayanan kesehatan dan pangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...