Top News: Perkara Korupsi di Kementan, Tiket Transjakarta Pakai Akun

Aryo Widhy Wicaksono
30 September 2023, 05:50
Penyidik KPK menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di perumahan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (28/9/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Penyidik KPK menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di perumahan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (28/9) sore menyambangi rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Penyidik menggeledah rumah tersebut terkait kasus dugaan korupsi yang tengah dalam penyidikan KPK.

Proses penggeledahan berlangsung hingga Jumat (29/8) pagi.

Selesai memeriksa rumah dinas menteri, tim penyidik KPK selanjutnya menggeledah kantor Kementerian Pertanian di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

Kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian ini menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain kasus dugaan korupsi di Kementan, simak juga artikel mengenai Putri Ariani yang berhasil meraih posisi empat di America's Got Talent.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Duduk Perkara Korupsi di Kementan yang Seret Nama Syahrul Yasin Limpo

Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Kamis (28/9) sore hingga Jumat (29/9) pagi. Usai memeriksa rumah dinas, tim penyidik KPK lanjut menggeledah kantor Kementerian Pertanian yang berlokasi di kawasan Ragunan Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan penggeledahan dilakukan dalam rangkaian penyidikan perkara yang tengah diusut. Ali menyebut perkara sudah naik ke proses penyidikan sejak Juni lalu usai dilakukan gelar perkara oleh pimpinan KPK.

“Kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh tim penyidik sebagai tindak lanjut mengumpulkan alat bukti yang saat ini sedang KPK lakukan atas dugaan korupsi di kementerian pertanian,” ujar Ali Fikri dalam konferensi pers yang berlangsung di gedung KPK.

Menurut Ali sejak awal tahun KPK telah melakukan pengusutan dugaan perkara di kementerian pertanian. Kasus ini bermula dari aduan masyarakat yang telah melewati proses verifikasi dan telaah di internal KPK.

Simak bagaimana duduk perkara korupsi di Kementan.

2. Beredar Kabar Syahrul Yasin Limpo Jadi Tersangka, KPK Beri Penjelasan

Beredar kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian. KPK juga dikabarkan menetapkan dua tersangka lainnya.

Menanggapi kabar tersebut, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri buka suara. Ia mengatakan KPK akan menyampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan.

"Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," kata Ali kepada awak media, Jumat (29/9).

Ketahui lebih banyak mengenai penjelasan KPK tentang kabar Syahrul Yasin Limpo jadi tersangka.

3. KPK Sita Uang Puluhan Miliar Saat Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin

Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan yang berlangsung sejak Kamis (28/9) sore di rumah dinas Syahrul Yasin telah selesai.

“Kegiatan penggeledahan yang dilakukan sebagai tindak lanjut mengumpulkan alat bukti atas dugaan korupsi di kementerian Pertanian,” ujar Ali dalam Konferensi Pers di Gedung KPK, Jumat (29/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...