Top News: Mahfud MD Resmi Cawapres Ganjar, Qualcomm PHK Massal

Aryo Widhy Wicaksono
19 Oktober 2023, 05:40
Bakal calon presiden dan wakil presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Bakal calon presiden dan wakil presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Misteri mengenai sosok pasangan Ganjar Pranowo untuk maju sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024 terjawab. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan nama Mahfud MD, menjadi calon wakil presiden.

Pengumuman ini Mega sampaikan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10). Megawati mengaku telah menerima masukan dari para tokoh dan politisi. Ia juga telah berkontemplasi untuk memikirkan sosok pendamping Ganjar yang tepat.

Pengumuman Mahfud sebagai pasangan Ganjar menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga isu Erick Thohir sebagai cawapres Prabowo, serta bagaimana PHK massal yang terjadi di Qualcomm, perusahaan raksasa penghasil cip.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Breaking News: Megawati Resmi Umumkan Mahfud jadi Cawapres Ganjar

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan nama Mahfud MD menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo. Hal ini disampaikan langsung Megawati di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10).

"Yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Mahfud MD," kata Mega.

Megawati didampingi oleh tiga ketua umum partai pendukung Ganjar di pilpres. Ketiganya adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang.

2. Mahfud MD Dinilai Bakal Perkuat Ganjar untuk Rebut Suara NU di Jatim

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan nama Mahfud MD menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo, Rabu (18/10). Tujuan PDIP dan koalisi menggandeng Mahfud dinilai untuk mempertebal suara dari kalangan Nahdlatul Ulama atau NU di Jawa Timur.

"Upaya ini untuk mempertebal basis dukungan pemilih NU di Jawa Timur, meski elektabilitas Ganjar cukup tinggi di Jawa Timur," kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad kepada Katadata.co.id, Rabu (18/10).

Nyarwi menyatakan, pemilihan Mahfud juga menunjukkan PDIP bersama koalisinya Hanura, PPP dan Perindo menganggap pertarungan di Jawa Timur penting. "Ini menegaskan Jawa Timur menjadi basis yang penting untuk mencapai kemenangan Ganjar," kata dia.

3. Resmikan Ganjar - Mahfud MD, PDIP Bakal Pecah Kongsi dengan Jokowi?

PDI Perjuangan dan partai koalisi mengumumkan Menkopolhukam Mahfud MD sebagai calon wakil Presiden pendamping Ganjar Pranowo. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan menerima masukan dari para tokoh dan politisi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...