Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar, Siapa Kandidat di Jakarta?

Muhamad Fajar Riyandanu
22 November 2023, 05:50
Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (kanan) dan Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran untuk wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) pada acara pembekalan kepada calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024 di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya akan mengusung Ridwan Kamil di pemilihan kepala daerah Jawa Barat. Ridwan akan bertarung memperebutkan posisi Gubernur DKI Jakarta untuk periode kedua setelah masa jabatannya di periode pertama 2018 hingga 5 September 2023. 

Airlangga menjelaskan telah memberikan surat tugas kepada Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Golkar untuk ikut serta dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat tahun depan. Hal itu diumumkan Airlangga bersamaan dengan pengumuman kandidat calon kepala daerah yang akan diusung golkar untuk daerah lain di Indonesia. 

"Golkar usung kalau untuk Banten ada Ibu Airin. Kemudian Pak Ridwan Kamil di Jawa Barat, Bu Khofifah di Jawa Timur," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Selasa (21/11). 

Keputusan Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat sekaligus menepis isu yang santer soal kabar mantan Wali Kota Bandung untuk akan maju bertarung sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta. Sebagai jawabannya, Airlangga mengatakan partai berlambang beringin telah menunjuk Ahmed Zaki Iskandar sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029. \

Zaki merupakan kader partai yang pernah menjadi bupati Tangerang selama dua periode sejak 2013 hingga 2023. Dia juga pernah menjabat sebagai Anggota DPR Fraksi Golkar periode 2009—2013 untuk daerah pemilihan Banten III dan ditempatkan di Komisi I yang mengurus soal Pertahanan, Luar Negeri, Informasi.

Airlangga mengatakan saat ini Golkar telah menyiapkan 1.117 kader untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah yang akan digelar September 2024. Para calon akan bertarung memperebutkan kursi kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota.  "Ini calonnya dari Sabang sampai Merauke," ujar Airlangga.

Selain menyepakati bakal calon pemimpin daerah yang bakal diusung oleh partai, forum tersebut juga mendorong para kader untuk ikut mendukung misi pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Prabowo dan Gibran merupakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 yang didukung Koalisi Indonesia Maju. 

Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda, Prima dan Partai Solidaritas Indonesia. Adapun pasangan Prabowo dan Gibran akan bertarung melawan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...