Debat Capres Perdana Dinilai Mirip Ring Tinju Ketimbang Ajang Adu Visi

Ira Guslina Sufa
13 Desember 2023, 13:33
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute (TII) Arfianto Purbolaksono menilai debat pertama capres Pemilu 2024 pada Selasa (12/12) malam kurang menggali lebih dalam gagasan ketiga capres. Menurut Arfianto debat yang berlangsung dalam durasi 120 menit itu justru terkesan seperti arena tinju.

Arfianto menilai debat tersebut hanya seperti memfasilitasi calon presiden dan wakil presiden untuk saling jual beli serangan. Di sisi lain para kontestan tidak menawarkan visi, misi, serta solusi konkret untuk ditawarkan kepada masyarakat pemilih.

"Dari sisi hiburan, cukup menghibur; tetapi substansi yang sebenarnya ingin didapatkan, justru itu yang menjadi persoalan dalam debat perdana," kata Arfianto seperti dikutip Rabu (13/12). 

Menurut Arfianto, para kandidat capres kurang menawarkan solusi konkret selama debat, khususnya dalam isu penegakan hukum, hak asasi manusia (HAM), dan demokrasi. Bahkan ia menilai, dalam debat sebelumnya, saat Joko Widodo menjadi capres lebih menawarkan solusi kepada masyarakat.

"Dulu konkret, Pak Jokowi, ada menawarkan Program Kartu Indonesia Sehat, Indonesia Pintar," kata Arfianto.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat perlu mendengar solusi nyata yang akan dikerjakan capres, jika terpilih menjadi presiden. Hal itu diperlukan sebagai jawaban dalam menyelesaikan berbagai permasalahan saat ini. Ia menilai gagasan yang disampaikan para capres dalam debat terlalu mengambang dan kurang substantif.

Dia mencontohkan pernyataan salah satu satu kandidat capres yang menyatakan ingin memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan institusi lainnya. Dalam paparannya, kata Arfianto, capres bersangkutan tidak menyampaikan langkah-langkah konkret untuk mewujudkan upaya penguatan KPK itu seperti apa.

Pelaksanaan debat perdana yang berlangsung di kantor KPU memang riuh dengan adu kata dan pernyataan antarcalon presiden. Pada sesi tanya jawab para capres mencecar lawan dengan pertanyaan yang banyak disorot dan dikaitkan dengan masing-masing calon. Prabowo mendapat pertanyaan yang memancing Menteri Pertahanan itu berbicara tegas. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...