Antara Anies, Prabowo, Ganjar, Siapa Dapat Dampak Positif Usai Debat?

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Desember 2023, 19:29
debat, capres, anies, ganjar, prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Debat pertama calon presiden telah digelar pada Selasa (12/12). Tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo beradu gagasan soal hukum, hak asasi manusia, demokrasi, hingga pemberantasan korupsi.

Pakar Komunikasi Politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Adi Wibowo menyebut sosok Anies Baswedan sebagai peserta debat yang mendapat respons positif dan keuntungan dari sesi debat pertama.

"Secara umum terlihat Anies mendominasi perbincangan di media sosial, terutama Twitter. Kelihatan sentimen positif lebih besar kepada Anies," ujar Kunto saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Rabu (13/12).

Dia menyebut tema debat pertama kali ini membawa angin sejuk kepada Anies dan Ganjar. Alasannya, dialog mengenai polemik Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan HAM menjadi dua topik yang menyudutkan Prabowo.

"Sentimen negatif di media sosial besar ke Prabowo, dia sempat emosional. Begitu juga dengan Gibran yang menjadi komandan suporter Prabowo saat itu," kata Kunto.

Meski demikian, Kunto mengatakan pelaksanaan debat capres cawapres berdampak kecil terhadap peralihan pemilih maupun pendukung tiap-tiap paslon. Debat akan bermanfaat bagi para pemilih yang belum menentukan pilihan.

"Mereka bisa melihat dan mendengarkan gagasan dan kepribadian serta karakter dari masing-masing capres ketika berdebat," katanya.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro juga menduga debat belum berefek kuat pada elektabilitas tiga capres. Ini karena masing-masing capres sudah memiliki basis pemilih loyal dengan porsi hingga 80%. 

Sesi debat semalam dinilai hanya memberikan pengaruh awal atau rujukan bagi golongan pemilih yang belum menentukan pilihannya. Kelompok ini biasanya berasal dari kalangan ekonomi menengah kritis yang masih ingin memantau perkembangan setiap capres.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...