Alasan Jusuf Kalla Umumkan Dukung Anies, Dulu Pilih Bersikap Netral

Ira Guslina Sufa
20 Desember 2023, 06:58
Jusuf Kalla
ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Anies Baswedan (tengah) bersama Wakil Presiden ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (kiri) dan Sudirman Said usai pertemuan di kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10).

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia Jusuf Kalla mengumumkan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di pemilihan presiden 2024 mendatang. Keputusan untuk memilih pasangan nomor urut 1 itu disampaikan Jusuf Kalla setelah pada beberapa waktu lalu ia menyatakan netral di pilpres. 

Dukungan untuk Anies disampaikan Jusuf Kalla saat menghadiri acara silaturahmi dengan komunitas relawan dan pimpinan partai pengusung dan pendukung Anies - Muhaimin pada Selasa (19/12) di Makassar, Sulawesi Selatan. Kalla menganggap Anies merupakan orang yang tepat untuk memimpin Indonesia di masa depan.

“Selama ini ia menyampaikan dirinya netral, tetapi sebagai warga negara Pak JK tentunya memiliki pilihan politik. Dan berdasarkan track record Anies Baswedan yang ia ketahui, Pak JK berkeyakinan jika Anies adalah orang yang tepat," kata Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah dalam keterangan yang dikutip Rabu (20/20). 

Menurut Husain, dalam pandangan Jusuf Kalla, Anies merupakan sosok yang memiliki pengalaman, pengetahuan, kejujuran, dan integritas. Jusuf Kalla juga menyebutkan bahwa Anies merupakan murid politiknya. 

Selain itu, Kalla juga memberikan saran kepada calon pemilih agar memilih pemimpin dengan rekam jejak etika yang baik serta bukan pemarah. Menurutnya, hal ini penting agar presiden mau menerima kritikan masyarakat.

"Pemarah dapat membahayakan bangsa ini, yang secara historis pernah diwarnai konflik dalam negeri seperti di Papua, Aceh, Poso, Ambon, dan Kalimantan," kata Husain.

Selain itu Kalla berharap pemimpin bisa mengerti dasar perekonomian serta tak asal boros dalam membelanjakan anggaran negara. Menurutnya, Anies merupakan sosok yang penuh perhitungan dan mengerti ekonomi.

"Tidak kalah penting, Anies dan Cak Imin memiliki dasar agama yang kuat," kata Husain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...