Survei CSIS: Debat Bisa Pengaruhi Pilihan Capres dan Cawapres

Amelia Yesidora
27 Desember 2023, 17:21
debat, survei, capres, csis
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Survei Centre for Strategic and International Studies atau CSIS menunjukkan debat masih bisa digunakan pemilih untuk memastikan calon presiden dan wakil presiden pilihan mereka.

Survei menemukan sebanyak 75,2% responden sudah mantap dengan pilihannya. Namun sisanya menyatakan belum mantap dengan sejumlah alasan, salah satunya waktu memilih.

Dari kriteria waktu pemilihan, sebanyak 10,2% mengatakan akan mantap menentukan pilihan pada hari H pemilihan. Sedangkan 5,8% mengatakan akan memilih setelah menonton debat capres dan cawapres.

Selain itu, sebanyak 4,8% responden akan memantapkan pilihannya pada sepekan sebelum pemilihan. Adapun, 4% pemilih akan menentukan pilihan pada Januari 2024.

Debat juga menjadi alasan pemilih untuk mengubah pilihannya. Sebanyak 12,5% responden mengatakan belum mantap menentukan pilihan sebelum debat capres dan cawapres.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...