Jejak Konflik Gus Dur - Muhaimin dan Bola Panas PKB Jelang Pemilu

Amelia Yesidora
29 Desember 2023, 06:20
Muhaimin
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/Spt.
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan orasi politiknya di hadapan ribuan relawan AMIN saat acara silaturahmi relawan Anies - Muhaimin (AMIN) se-Banten di Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/12/2023).

Majunya Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024 tak lepas dari pembicaraan tentang kabar memanasnya hubungan Muhaimin dengan presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur. Ketegangan antara dua petinggi Partai Kebangkitan Bangsa itu terjadi pada 2009 menjelang pelaksanaan pemilu. 

Kabar adanya konflik internal dengan PKB itu diakui oleh Muhaimin kerap muncul jelang pemilu. Namun, calon wakil presiden nomor urut 2 yang mendampingi Anies Baswedan itu mengatakan tak terlalu terpengaruh dengan kabar itu. 

Saat berbicara pada acara Slepet Imin yang diadakan di Depok, Selasa (19/12), Muhaimin kembali menegaskan bahwa ia tak pernah punya persoalan dengan Gus Dur seperti yang banyak beredar. Bahkan menurut dia, Gus Dur merupakan pendidik dan orang yang membesarkan dia. 

“Gus Dur ini orang yang besar. Setiap anak didiknya, termasuk saya, diberi ruang terbuka dan diuji. Apa cara ujinya? Setiap Ketum PKB selalu dipecat oleh Gus Dur,” kata Muhaimin saat itu.  

Menurut Muhaimin, pemecatan yang dilakukan Gus Dur merupakan hal biasa dan tidak ada kaitan dengan konflik di internal PKB. Bahkan menurut dia pemecatan merupakan bentuk ujian bagi para tokoh PKB untuk bisa tumbuh lebih besar. 

Ia mencontohkan beberapa nama yang dipecat dari posisi ketua umum seperti seperti Matori Abdul Djalil yang menjadi ketua PKB dari 1998 hingga 2001. Begitu juga Alwi Shihab yang mulai menjabat sejak 2001 namun selesai menjabat pada 2005.

Menyikapi pemecatan yang dilakukan partai, Muhaimin mengatakan ia memiliki prinsip berbeda dengan mantan ketua umum PKB lainnya. Dia mengaku tidak melawan saat dipecat oleh Gus Dur, sementara dua ketum lainnya melawan. Padahal menurut Muhaimin bila ditarik dari garis keluarga, ia adalah keponakan dari Gus Dur. 

“Kemudian Gus Dur memberi tempat klarifikasi yang tepat buat saya. Gus Dur juga memberi kesempatan pada yang lain untuk berkompetisi secara sehat,” kata Muhaimin. “Jadi tidak usah khawatir, itu isu 5 tahunan. Kesimpulannya Gus Dur telah mendidik saya hingga hari ini sukses hingga sampai jadi cawapres.”

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...