Mengintip Visi Misi Ganjar soal Pertahanan hingga Polugri Jelang Debat

Ade Rosman
5 Januari 2024, 10:31
Ganjar Mahfud
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan sambutan saat menghadiri deklarasi Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) dukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di GOR Satria, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pemilihan Presiden 2024 pada Minggu (7/1) mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Tema yang akan dibahas dalam debat ketiga itu melingkupi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat nanti merupakan kali kedua tiga calon presiden saling beradu gagasan yang ditawarkan dalam Pilpres 2024. Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan beradu gagasan mengenai politik luar negeri dan kebijakan pertahanan dan keamanan. 

Bila melihat dari visi misi yang ditawarkan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, isu mengenai pertahanan ditempatkan dalam poin kedelapan. Beberapa poin yang menjadi sorotan di antaranya upaya  mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan. 

Dalam paparan visi dan misi yang mereka sampaikan, Ganjar-Mahfud MD berkomitmen untuk terus menjalankan politik luar negeri bebas aktif. Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan,  Perindo dan Hanura ini pun menyatakan komitmen untuk memperkuat pertahanan negara.

Visi Misi Capres Ganjar Pranowo Bidang Pertahanan, Keamanan dan Politik Luar Negeri 

Visi Misi Ganjar Berperan Sentral dalam Menata Dunia Baru

  • Koeksistensi Geopolitik Progresif

Dalam visi dan misi yang disampaikan ke publik, Ganjar - Mahfud berkomitmen menjalankan politik bebas aktif dengan prinsip Dasasila Bandung untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Memperkuat pelibatan global Indonesia yang otonom dalam forum bilateral dan multilateral dalam memperjuangkan perdamaian dunia. Memperkuat komitmen untuk mendukung perjuangan pergerakan rakyat Palestina.

  • Perjanjian Internasional 100% untuk Kepentingan Nasional

Memastikan bahwa seluruh perjanjian yang dibuat harus mengutamakan produk dalam negeri. Ganjar dan Mahfud juga berjanji meningkatkan daya saing perekonomian nasional, mengedepankan isu-isu strategis dan kekinian, serta memastikan perlindungan segenap rakyat Indonesia.

  • Berperan Sentral dalam Menata Dunia Baru

Dalam meningkatkan peran Indonesia di luar negeri, Ganjar dan Mahfud berfokus pada penguatan Kedutaan Besar sebanyak ujung tombak pelayanan WNI. Melalui kedutaan besar pula, Ganjar dan Mahfud berkomitmen memperkuat diplomasi, perlindungan pekerja migran dan pelayanan WNI di luar negeri yang responsif.

Visi Misi Ganjar Kedaulatan NKRI dengan Sistem Pertahanan 5.0

  • Modernisasi Pertahanan SAKTI

Transformasi pertahanan berdasarkan doktrin Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA) untuk membentuk Kekuatan Pertahanan Indonesia yang berdaya gentar. Dalam upaya ini, Ganjar dan Mahfud berjanji memperlengkapi  alutsista SAKTI (Perkasa dengan Keunggulan Teknologi 5.0), serta memperkuat kemampuan untuk melindungi Tanah Air dengan modernisasi alutsista dan memperkuat kemampuan dalam menghadapi ancaman dan tantangan.

  • Prajurit Sejahtera

Tak hanya urusan persenjataan, Ganjar dan Mahfud juga bertekad memperhatikan ketersediaan sumber daya manusia. Pasangan ini berjanji menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar prajurit dan keluarga yang ditopang dengan rawatan dan layanan kedinasan yang berkualitas di seluruh penjuru nusantara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...