Adu Pendapat Prabowo dan Anies Soal Standar Etika Saat Debat Capres

Ira Guslina Sufa
7 Januari 2024, 21:30
Prabowo
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto memberi salam sebelum menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal standar etika saat beradu pendapat dengan Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Anies saat menanggapi pernyataan Prabowo mengenai pentingnya kepemimpinan. 

“Ketika dikatakan bahwa standar etika adalah tinggi. memang menjadi presiden panglima tertinggi harus memiliki standar etika tinggi karena dia harus mengambil keputusan, mengerahkan pasukan, dan ketika harus korban nyawa, itu keputusan-keputusan etika,” ujar Anies dalam debat capres, Minggu (7/1). 

Anies menyinggung persoalan etika yang disampaikan Prabowo tidak terlihat dalam pelaksanaan. Ia menyebut mendapat banyak keluhan dari orang di internal kementerian pertahanan tentang adanya sikap tak etik dari Prabowo dalam pengadaan alutsista. Bahkan ia menyinggung mengenai pelanggaran etika terkait penetapan calon wakil presiden. 

“Ketika ada pelanggaran etika dan bapak tetap dengan cawapres yang melanggar etika artinya ada kompromi etika dan kemudian bapak mengolok olok tentang etika, saya tidak tega mengulanginya,” ujar Anies. 

Menanggapi pernyataan Anies, Prabowo balik menyebut bahwa calon presiden nomor urut 1 itu kerap menggunakan data yang tidak tepat. Ia pun mengatakan bersedia memberikan data yang akurat kepada Anies agar tidak ada kesalahpahaman dalam data. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...