Ganjar Ungkit Intimidasi dan Keluhan Rakyat Soal 'Perut' di HUT PDIP

Ade Rosman
10 Januari 2024, 13:23
Ganjar Pranowo di HUT PDIP
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/YU
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan arahan saat menghadiri Apel Satgas PDIP DPC Kota Surakarta di Taman Sunan Jogo Kali, Pucang Sawit, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkit keluhan yang disampaikan masyarakat kepadanya dalam pidato singkat di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP, di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (10/1). Perayaan HUT itu juga dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri serta para petinggi parpol koalisi pengusung pasangan Ganjar-Mahfud.

Menurut Ganjar selama ia turun ke lapangan ada tiga keluhan yang hampir dijumpai di setiap daerah. “Rakyat mengungkapkan perasaan mereka akan sebuah harapan dari setiap kontestasi pemilu dan pesertanya,” ujar Ganjar. 

Hal pertama menurut dia yang sering disampaikan adalah berkaitan dengan perut. Masyarakat menurut Ganjar mempertanyakan tentang harga beras yang tidak turun dalam 6 bulan terakhir. Petani juga mengeluhkan kenapa harga pupuk mahal dan keluhan dari nelayan mengenai peralatan tangkap. 

Persoalan kedua menurut dia yang sering dikeluhkan adalah masalah pendidikan. Ia menyebut mendapat banyak masyarakat yang mengeluhkan masih belum meratanya kualitas pendidikan. Sedangkan persoalan ketiga berkaitan dengan kesehatan. 

“Ini terutama disuarakan oleh ibu-ibu. Ibu-ibu yang sedang hamil mendapatkan penjelasan rawatlah kandungannmu, tapi tidak bisa memberikan gizi yang baik,” ujar Ganjar. 

Berdasarkan hasil turun lapangan itu, Ganjar mengatakan ia bersama Mahfud akan terus memprioritaskan persoalan rakyat bila nanti terpilih. Menurut Ganjar harapan yang diterima oleh masyarakat itu sejalan dengan pidato Megawati yang mengingatkan kader PDIP untuk mengedepankan kebijakan yang berpihak pada masyarakat. 

“Bahwa yang disampaikan ibu Ketum sebagai akar rumput ada, mereka bergerak dalam senyap, mereka bergerak dalam diam, tapi sebenarnya mereka sedang melawan,” ujar Ganjar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...